iklan

Iklan

iklan

terkini

Upaya Penurunan Angka Stunting Baperlitbangda Brebes kukuhkan TPPS Tingkat Desa Se Kecamatan Bumiayu

21/07/2022, 05:42 WIB Last Updated 2022-07-20T22:42:34Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) tingkat Desa Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes dikukuhkan di aula kecamatan setempat, Rabu (20/7/2022).

Dilakukan pengukuhan tersebut sebagai upaya penanganan stunting di tingkat bawah.

Subid Sosial dan Budaya Baperlitbangda Bayu Setiawan mengatakan, tujuan pengukuhan TPPS tingkat desa adalah untuk menjangkau penanganan stunting sampai ke tingkat bawah katanya
Mengingat target Nasional angka stunting di 2024 mencapai 14 persen.

"Sebagai amanat dari rencana aksi Nasional, penanganan stunting tidak hanya tingkat pusat hingga kabupaten. Tetapi juga sampai ke tingkat desa agar ada penguatan kelembagaan sedangkan di kabupaten Brebes saat ini angka stuntingnya mencapai sekitar 26 persen," ujarnya.

Bayu mengatakan dengan melibatkan desa, dengan harapan akan bisa mengatasi permasalahan stunting yang bersamaan dengan persoalan kondisi kemiskinan pasalnya penanganan stunting diperlukan peran lintas sektoral.

"Penanganan stunting ini sangat diperlukan adanya peran semua pihak terkait masalah pencegahan sampai penanganannya sehingga selain sektor kesehatan, ada juga sosialnya seperti faktor kemiskinan yang ada," katanya.

Lanjut Bayu terkait penanganan stunting dilakukan intervensi gizi spesifik dan sensitif secara konvergensi yang dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk pencapaian tujuan pencegahan stunting tersebut.

"Upaya konvergensi percepatan pencegahan stunting dilakukan mulai dari tahap perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi," tuturnya.

Sementara Camat Bumiayu Eko Purwanto berharap peran serta dan dukungan bersama dari pihak desa.

"Dengan partisipasi desa, persoalan angka stunting di tingkat bawah diharapkan akan menurun," harap Eko.

Eko berharap masing-masing desa dalam penamgan stunting di wilayahnya agar bisa mengalokasikan anggarannya masuk dalam RKPDes 2023 sehingga di tahun 2024 konvergensi stunting bisa di bawah 14 persen bahkan mencapai target. 

Kegiatan Pengukuhan TPPS dan rembuk stunting tingkat kecamatan tersebut dihadiri jajaran Baperlitbangda Brebes, Forkopimcam Bumiayu dan Kades se kecamatan Bumiayu.(imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Upaya Penurunan Angka Stunting Baperlitbangda Brebes kukuhkan TPPS Tingkat Desa Se Kecamatan Bumiayu

Terkini Lainnya

Iklan