iklan

Iklan

iklan

terkini

Upaya Cegah Penyebaran Wabah PMK, Polres Brebes Sambangi Pos Pasar Hewan Bumiayu Temukan 3 Ekor Hewan Sapi Terindikasi PMK

23/07/2022, 15:56 WIB Last Updated 2022-07-23T09:03:48Z
 
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Polres Brebes bersama instansi terkait terus menggelar razia penyekatan mobilitas keluar masuk kendaraan hewan ternak dalam rangka penanganan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Brebes.

Kegiatan pengecekan mobilitas hewan ternak yang masuk dan keluar dilaksanakan oleh Tim Satgas PMK Kabupaten Brebes bersama Polres Brebes dan TNI di pos cek point Pasar hewan pasaran hari Wage di Bumiayu kabupaten Brebes dengan sasaran truk maupun mobil bak terbuka yang membawa hewan ternak baik masuk atau yang diperjual belikan di pasar hewan tersebut, Jum'at (22/7/2022) kemarin.

Kapolsek Bumiayu AKP Heri Riyanto yang memimpin giat pelaksanaan kegiatan tersebut mengatakan kegiatan pelaksanaan check point penyekatan ini bertujuan untuk mengawasi dan membatasi mobilitas distribusi hewan baik sapi, babi, kambing dan hewan ternak berkuku dua lainnya yang masuk maupun keluar diwilayah Kabupaten Brebes, terang Heri

"Kegiatan pemantauan hewan di posko Check point Pasar Wage Bumiayu akan terus dilaksanakan petugas gabungan TNI, POLRI maupun dinas Kesehatan dan BPBD di Posko yang telah disiapkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Heri mengungkapkan jika kegiatan cek point di perbatasan dimaksudkan guna memperketat pengawasan keluar masuknya distribusi hewan ke wilayah Kabupaten Brebes, terkait pencegahan wabah PMK pada hewan ternak.
“Giat Pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi, kerbau dan kambing di pos pasar hewan Bumiayu dengan hasil ditemukan 3 ( tiga ) ekor hewan ternak sapi yang terindikasi suspect PMK asal pengiriman dari desa Telaga Kecamatan Bantarkawung dan kabupaten Banjarnegara selanjutnya hewan sapi tersebut dikembalikan kepada pemiliknya untuk dikarantina dan diobati,” jelasnya.

Sementara petugas Dinas Peternakan Kabupaten Brebes drh Irkham menghimbau kepada masyarakat, terkait wabah PMK pada hewan ternak agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik. 

Dari informasi dari para pakar bahwa PMK pada ternak tidak menyebabkan gangguan kesehatan kepada manusia.

“Agar seluruh elemen masyarakat juga turut berperan aktif melakukan pengawasan terhadap kasus PMK ini, terutama untuk antisipasi dan menanggulangi penyebaran virus PMK di wilayah Kabupaten Brebes,” harapnya - (dun)

Edotor : imam
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Upaya Cegah Penyebaran Wabah PMK, Polres Brebes Sambangi Pos Pasar Hewan Bumiayu Temukan 3 Ekor Hewan Sapi Terindikasi PMK

Terkini Lainnya

Iklan