iklan

Iklan

iklan

terkini

Tanamkan Kedisiplinan pada siswa, Anggota TNI Kodim Sragen Latih PBB dan Wasbang

12/07/2022, 17:04 WIB Last Updated 2022-07-12T10:04:35Z
EMSATUNEWS.CO.ID, SRAGEN - Sejumlah anggota TNI dari Koramil Masaran Kodim 0725/Srg melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPN 2 Masaran dengan mengisi materi PBB dan Kesadaran berbangsa dan bernegara untuk siswa siswi baru. Selain itu juga seleksi calon pengibar bendera tingkat kecamatan Masaran dalam rangka upacara HUT RI Agustus mendatang, Selasa (12/07/2022).

Sebelum masuk pada materi praktek PBB disampaikan secara singkat maksud dan tujuan serta pengertian PBB. Pengertian PBB adalah Suatu wujud fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup suatu organisasi. Guna membentuk sikap kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggungjawab sejak dini, maka pelatih memberikan pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris. Pelatihan PBB sebagai wujud latihan dasar fisik guna menanamkan sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi. Di sinilah langkah awal bagi anak-anak sekolah untuk mengenalkan kedisplinan dan suatu latihan awal untuk para generasi muda di dalam membela negaranya.

Batituud (Bintara Tinggi Tata Usaha dan Urusan Dalam) Koramil Masaran Serma Edi Susilo mengatakan bahwa maksud diberikannya materi Peraturan Baris Berbaris pada siswa-siswi adalah memberikan suatu latihan awal dalam membela negara, menanamkan rasa disiplin pada siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan di antara teman.

" Tujuan PBB untuk siswa sekolah adalah Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu,dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa, dengan begitu banyak hal positif yang bisa diambil dari pembelajaran Peraturan Baris Berbaris (PBB)," jelas Serma Edi.

Drs Marbudi Handayanto, Kepala sekolah SMPN 2 Masaran mengucapkan terima kasih kepada Anggota TNI dari Koramil Masaran yang sudah hadir untuk memberikan materi PBB dan wawasan kebangsaan kepada para siswa-siswi. "Kami mewakili para guru dan siswa mengucapkan terimakasih kepada bapak bapak TNI Kodim Sragen yang telah memberikan materi PBB dan wasbang, semoga apa yang diajarkan saat ini bisa di pahami, diingat, dipedomani dan dilaksanakan oleh para siswa siswi," katanya.

Kepala SMPN 2 Masaran juga meminta kerjasama dengan Koramil terus dipertahankan dan bersedia datang apabila dibutuhkan untuk mengisi materi yang sama dikemudian hari, sehingga nantinya para peserta didik memiliki sikap serta mental yang baik untuk menunjang masa depan mereka di kemudian hari.*
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tanamkan Kedisiplinan pada siswa, Anggota TNI Kodim Sragen Latih PBB dan Wasbang

Terkini Lainnya

Iklan