iklan

Iklan

iklan

terkini

Proyek Pembangunan IPA dan Jaringan Perpipaan SPAM 2021 Teluk Keramat Sambas Diduga Menyisakan Masalah

30/07/2022, 11:34 WIB Last Updated 2022-07-30T04:44:57Z
Plang nama pelaksana kontraktor pekerjaan pembangunan perpipaan SPAM 2021 di Teluk Keramat Kabupaten Sambas.(Foto : Welly/Emsatunews.co.id)

EMSATUNEWS.CO.ID, SAMBAS - Proyek pembangunan jaringan perpipaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) tahun anggaran 2021 dengan pagu dana 10 milyar di Teluk Keramat Kabupaten Sambas menyisahkan masalah. 

Menurut Ketua LSM Natuna Jaya, Ahmad Erdiansyah mengatakan proyek pembangunan perpipaan SPAM yang dikerjakan PT. Jaya Teknik Lestari hingga saat ini diduga masalah. Pasalnya, dari awal pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai standar operasional (SOP) seperti dugaan kedalaman pemasangan pipa tidak sesuai standar.

"Kedalaman pipa yang di pasang tidak sesuai dengan RAB bang. Seharusnya 120 cm, tetapi di kerjakan kedalamannya 80-90 cm, "kata Ahmad kepada Emsatunews belum lama ini.

Lanjut Ahmad, proses perencanaan pekerjaan itu tidak matang, sehingga dikerjakan asal jadi. Belum lagi diduga kuat pipa-pipa yang dipasang tidak sesuai spesifikasi. 

"Kita berharap kasus ini tidak terulang kembali. Untuk pihak kontraktor pelaksana diharapkan mengedepankan mutu dan kualitas pekerjaan yang baik, "harap Ahmad

Di lain pihak, Pemerhati Konstruksi, Hendra Gunawan mengatakan jika memang ada permasalahan terkait pelaksanaan proyek meskipun tahun lalu (2021) bermasalah segera diselesaikan secara baik, demi kesejahtreraan masyarakat, "pinta Hendra ketika di hubungi Emsatunews.co.id melalui via Whatshapp, Rabu (27/7/22).

Pekerjaan Perpipan SPAM di teluk keramat kabupaten sambas.(Foto : Welly/Emsatunews.co.id)

Proyek Pembangunan IPA KAP 20 L/Detik Dan Jaringan Perpipaan SPAM IKK Teluk Keramat Kabupaten Sambas Tahun 2021 dengan nomor kontrak HK.02.03/08/PPK.AM/P3.KB/2021. Nilai Kontrak Rp. 10.586.403.000,00 selaku kontraktor pelaksana PT. Jaya Teknik Lestari dan sebagai pengguna jasa, PPK Air Minum Satuan Kerja Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah II Kalimantan Barat, Hendra mengatakan, meskipun pekerjaan tahun 2021 perlu kita dukung dan kita jaga hasil pekerjaannya. Dan jika ada permasalahan di lapangan terkait masalah pekerjaan segera di selesaikan. Hal ini demi terwujudnya kualitas pekerjaan yang baik. 

"Mari kita dukung dan jaga hasil proyek pembangunan perpipaan SPAM di Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Jika ada permasalahan segera di selesaikan, demi kesejahteraan dan bermafaat bagi masyarakat, "kata Hendra.

Hendra dan masyarakat berharap kepada pihak kontraktor pelaksana agar senantiasa mempertahankan kualitas dan mutu pekerjaan.

"Kami harap, pelaksana proyek tetap mempertahankan kualitas dan mutu pekerjaannya seperti saat ini yang lagi berjalan tahun anggaran 2022, "katanya 

Sebelum berita ini diterbitkan, untuk ..mendapatkan informasi dan keterangan terkait masalah proyek pembangunan Jaringan Perpipaan SPAM di Teluk Keramat Kabupaten Sambas, EMSATUNEWS.CO.ID sudah mencoba untuk melakukan konfirmasi kepada Direktur PT. Jaya Teknik Lestari di Kantor Jalan Hijas Pontianak. Namun, hingga saat ini tidak bisa diketemui bahkan saat di hubungi via telpon. HP nya tidak aktif.

Ketika di konfirmasi Emsatunews kepada salah satu staf yang bekerja di Kantor miliknya Sdr. Robi, 
Aldi mengatakan kalau pak bos (Robi) lagi keluar kota.

"Saya dapat informasi kalau pak Robi lgi keluar kota. Belum dapat informasi, kapan pulang ke Ponrianak, " jelas Aldi salah satu staf kantor Pak Robi di Jalan Hijas Pontianak. (*)

#Penulis : Welly Harpendi Emsatunews
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Proyek Pembangunan IPA dan Jaringan Perpipaan SPAM 2021 Teluk Keramat Sambas Diduga Menyisakan Masalah

Terkini Lainnya

Iklan