iklan

Iklan

iklan

terkini

PNM Cabang Tegal Telah Salurkan Dana 1,2 T Pada Nasabah di Brebes

21/07/2022, 21:51 WIB Last Updated 2022-07-22T06:57:49Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - PT. Penanaman Nasional Madani (PNM) Cabang Tegal telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp. 1,2 trilyun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 115.000 nasabah di Kabupaten Brebes.

Hal tersebut disampaikan Pemimpin Cabang PNM Tegal, Ahmad Nur Muharam pada acara Temu Usaha Nasabah Mekaar yang digelar di Agrowisata Besaran Hijau Kab. Brebes pada Kamis, 21 Juli 2022.

Ahmad Nur Muharam mengatakan, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebagai lembaga pemberdayaan memiliki tanggung jawab kepada nasabah dengan memberikan modal dan pendampingan usaha agar nasabahnya naik kelas melalui
program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yaitu Temu Usaha Nasabah Mekaar (TUNM).

PNM  mengajak nasabah perempuan pra sejahtera memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) dan berjualan di Facebook.

Acara yang bertemakan “Sosialisasi Manfaat Memiliki NIB dan Pemasaran di Media Sosial Facebook” ini diikuti oleh 600 nasabah perempuan pra sejahtera.

Wakil Bupati Brebes Narjo yang juga hadir pada acara tersebut mengingatkan kepada peserta yang telah dikasih modal pinjaman PNM  agar untuk digunakan  pengembangan modal usaha jangan dibelikan yang lain.Tapi belilah barang yang produktif.

Lebih lanjut Narjo mengatakan, program ini untuk menggusur para rentenir yang sangat mencekik mereka dengan bunga 20-25 persen sedangkan PNM  bunganya kompetitif. "Ini demi menghindarkan ibu-ibu jangan sampai terjerat rentenir," kata Wakil Bupati Narjo.

" Terima kasih kepada PNM yang telah membantu masyarakat Kabupaten Brebes yang telah menyalurkan dana modal usaha sebesar 1,2 T kepada nasabah PNM Mekar yang berjumlah 115.000 orang nasabah," katanya, menambahkan.

Dicky Fajrian selaku Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang juga merupakan Staff Utama BUMN Muda dan Pemenang Indonesian Young Business Leader Award 2022 mengatakan, dengan pelatihan mereka diharapkan mendapatkan NIB untuk pengembangan usahanya.
 
“Melalui pelatihan PKU kami berharap ibu-ibu Mekaar
mendapatkan NIB usahanya dan mengembangkan usaha melalui platform media sosial,” kata Dicky Fajrian.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan NIB (Nomor Induk Berusaha) secara simbolis oleh Wakil Bupati Brebes Narjo kepada nasabah PNM.

Seluruh nasabah yang hadir dapat langsung memiliki NIB (Nomor Induk
Berusaha) dan dapat mengembangkan usahanya melalui media social. 

Banyak sekali manfaat yang didapat ketika nasabah sudah memiliki NIB diantaranya mendapatkan
kemudahan legalitas pelaku usaha (nasabah). Ditambah, pada hari ini nasabah PNM Mekaar diajak berjualan di media social yaitu di Facebook.

Nasabah yang sudah memiliki akun di
facebook dapat langsung mempromosikan barang dagangannya di facebook sehingga memudahkan untuk berjualan dan barang dagangannya semakin dikenal masyarakat luas sehingga marketnya lebih luas lagi. 

PNM juga menggelar pameran produk 18 nasabah wilayah Kab. Brebes pada hari Kamis ini, jenis usaha nasabah pada pameran kali ini kebanyakan makanan, kerajinan dan fashion seperti pakaian.

Ketika nasabah sudah memiliki NIB dan sudah berjualan di media social, nasabah PNM Mekaar akan lebih mudah lagi untuk mengembangkan usahanya sehingga memungkinkan
untuk meningkatkan penghasilan dan dapat naik kelas. 

PNM Tegal bekerja sama dengan
UMKM Bangkit dalam pembuatan NIB dan on boarding di media social nasabah PNM Mekaar.

Sebagai informasi, hingga 20 Juli 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp. 129,08 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,18 juta nasabah. 

Saat ini PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh
Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.(Bambang Sugiarto)

Editor : Fahroji
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PNM Cabang Tegal Telah Salurkan Dana 1,2 T Pada Nasabah di Brebes

Terkini Lainnya

Iklan