iklan

Iklan

iklan

terkini

PMI Brebes Gelar Pelatihan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

11/07/2022, 20:51 WIB Last Updated 2022-07-11T13:51:25Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Dalam upaya menyiapkan SDM relawan, PMI Kabupaten Brebes, menggelar pelatihan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) selama dua hari (Senin dan Selasa) yang dibuka lsngsung Ketua PMI Kabupaten Brebes Wahidin Soedja, disaksikan Camat yang diwakili Kasiesos dan jajaran Forkopimcam Salem di wilayah Kecamatan Salem, Senin (11/7/2022).

Ketua Panitia pelatihan Sibat Karya Panjiarto mengatakan, pelatihan ini bertujuan mencetak relawan terampil dalam penanganan bencana alam (bencal) yang berasal dari masyarakat. Mereka nantinya akan berada di garda terdepan apabila di wilayah terjadi bencal.

Menurut Karya PMI memiliki ratusan relawan dengan nama korp sukarela (KSR). Mereka akan selalu bergerak cepat memberikan pertolongan pertama pada bencal baik tanah longsor, gempa bumi, banjir, kecelakaan di laut, darat dan sungai, angin puting beliung, kebakaran dan lainnya.

“Intinya PMI bersama relawan ingin berpartisipasi dalam bidang kemanusiaan, khususnya penanganan bencal,” tuturnya.

Sementara Camat Salem melalui Kasikesos Saripudin menyambut baik upaya yang dilakukan PMI dalam upaya mencetak relawan.

"Ini sangat membantu pemerintah kecamatan dalam menghadapi bencal Karena kehadiran relawan Sibat yang terlatih akan mampu membantu berbagai persoalan bencal," tuturnya.

Pihaknya mengakui aktivitas relawan PMI di lapangan. Mereka tidak saja membantu penanganan bencana, juga memberikan dukungan logistik, termasuk dalam kondisi tertentu PMI mendirikan dapur umum untuk mencukupi kebutuhan pangan korban bencal.

Ketua PMI Kabupaten Brebes Wahidin Soedja mengatakan, dalam pelatihan ini dilakukan diwilayah kecamatan Salem mengingat kecamatan tersebut yang berada di kabupaten Brebes bagisn selatan merupakan daerah yang rawan dan kerapkali terjadi bencal.

PMI bekerja sama dengan BPBD dan SAR untuk memberikan materi pelatihan. Mereka adalah partner yang biasa bekerja sama di lapangan ketika menghadapi bencal.

Menurut dia, relawan PMI sudah dibekali pelatihan dan perlengkapan memadai untuk menolong masyarakat, baik mobilitas ambulance, tangki air, perahu karet, motor trail, pesawat Hendy talky, pelampung dan lainnya dengan harapan melalui pelatihan Sibat, ini relawan PMI akan terus bertambah sehingga berbagai bencana bisa segera mendapat penanganan/pertolongan - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • PMI Brebes Gelar Pelatihan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat

Terkini Lainnya

Iklan