iklan

Iklan

iklan

terkini

Pemdes Taraban Gelar Musdes Penyusunan RPDes Tentang APBDesa Tahun Anggaran 2023

13/07/2022, 23:20 WIB Last Updated 2022-07-14T03:21:21Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pemerintah Desa (Pemdes) dan Badan Permusyawaratan  Desa (BPD) Desa Taraban, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes menggelar kegiatan Musyawarah Desa(MUSDES) Pembahasan dan Penetapan Peraturan Desa, Tranformasi Pengelolaan DBM eks PNPM Mandiri Pedesaan menjadi BUM Des Bersama LKD dan Pembentukan Tim Penyusun RKPDes TA 2023 Desa di Aula kantor desa setempat, Rabu (13/7/2022) siang.

Kegiatan yang dihadiri Tim dari Kecamatan Paguyangan, Kepala Desa Taraban, Pendamping Desa, Babinsa Desa, Babinkamtibmas, Ketua BPD, Ketua LPM, Toga, Toda Tomas dan masyarakat Desa setempat.

Tampak dalam pelaksanaan Musdes tersebut diawali dengan Pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan sambutan, dan Dibuka secara resmi oleh Staf Pemerintahan dan  PMD Kecamatan Pemenang dan di akhiri dengan pembacaan Doa.

Kemudian penyampaian materi dan diskusi berlangsung dengan lancar dan kondusif.

Kepala Desa (Kades) Taraban Uma Farida dalam sambutannya menyampaikan Terimakasih atas semua peserta yang hadir. Musdes ini bertujuan untuk mendapatkan kepastian secara hukum atas pembangunan desa ke depan. Pembangunan desa tidak boleh di pihak ketigakan karena sesuai dengan amanat Undang undang. Pembangunan juga berdasarkan asas kewenangan desa tapi tidak lepas dari sistem pengawasan dari tingkat kabupaten melalui inspektorat.

Menurut Farida di desanya telah menjalankan kebijakan pemerintah sesuai berdasarkan Peraturan Presiden (perpres) nomor 104 tahun 2021 tentang penggunaan Anggaran Dana Desa (DD) dengan perincian 40 % untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), 20 % untuk program ketahanan pangan, 8 % untuk program dukungan pencegahan dan penanganan pandemi Covid 19.

"Adapun sisanya sekitar 32 % dari sisa anggaran Dana Desa tersebut di peruntukkan untuk  program prioritas lainnya seperti penanganan stunting," ujarnya.

Lanjut Farida pihaknya saat ini belum mendapat info terkait anggaran 2023 nanti apakah masih sama dengan anggaran tahun sebelumnya dalam penyerapan/penggunaan anggarannya namun mudah mudahan dengan harapan ada perubahan sehingga anggaranya bisa untuk membangun inprastruktur fisik yang selama 2 tahun yang dibutuhkan masyarakat tidak dapat direalisasikan - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Taraban Gelar Musdes Penyusunan RPDes Tentang APBDesa Tahun Anggaran 2023

Terkini Lainnya

Iklan