iklan

Iklan

iklan

terkini

Pemdes Cipetung Gelar Diklat Peningkatan Kapasitas Linmas 2022

28/07/2022, 23:50 WIB Last Updated 2022-07-29T01:35:11Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pemerintah Desa (Pemdes) Cipetung kecamatan Paguyangan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas linmas TA. 2022 di Aula kantor desa setempat Kamis (28/7/2022) pagi

Kepala Desa (Kades) Cipetung Kusyati mengatakan indikator suksesnya pelatihan linmas adalah, meningkatnya kualitas SDM Linmas, menguatnya kelembagaan dan peran serta Linmas, meningkatnya ketahanan masyarakat yang demokratis, meningkatnya kesiap-siagaan satuan Linmas dan masyarakat dalam penanggulangan bencana, ketentraman dan ketertiban umum dan meningkatnya kualitas pelayanan dan sumber daya pendukungnya dalam perlindungan masyarakat.

”Pembinaan dan pembekalan bagi anggota Satlinmas ini juga bertujuan untuk persiapan pengamanan saat Pemilihan Kepala Desa maupun Pemilihan Umum dengan harapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa dan Pemilihan Umum nanti dapat berjalan aman, lancar, terkendali dan sukses," katanya

Hal yang sama anggota Babinsa Serma Imam Supardi yang juga sebagai nara sumber pelatihan ini mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan linmas di tengah-tengah masyarakat. Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif dalam masyarakat.

Menurut Imam, salah satu tugas pokok dan fungsi Linmas saat penanggulangan bencana harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat, Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah desanya.

Aiptu Maman S selaku Kanitbinmas juga sebagai nara sumber menyampaikan, sinergitas antar pemateri membuat suasana pelatihan lebih kreatif dan interaktif.

“Dengan pembekalan materi teori dan praktik diharapkan mereka bisa membantu aparat keamanan untuk mengamankan jalannya pemerintahan desa nantinya dalam hal kegiatan kegiatan yang ada di masyarakat,” tuturnya.(imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Cipetung Gelar Diklat Peningkatan Kapasitas Linmas 2022

Terkini Lainnya

Iklan