iklan

Iklan

iklan

terkini

Pemdes Banglarangan Rotasi Jabatan Perangkat Desa

06/07/2022, 22:42 WIB Last Updated 2022-07-06T22:51:28Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Pemerintah Desa Banglarangan Kecamatan Ampelgading melakukan rotasi jabatan. Saepudin yang menjabat Kaur Pelayanan dirotasi untuk mengemban jabatan Kaur Keuangan.

Saepudin resmi menjabat Kaur Keuangan setelah dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Desa Banglarangan, Parchah, bertempat di Pendopo balai desa, Rabu (6 Juli 2022).

Turut hadir dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut diantaranya Muspika Ampelgading, BPD, LPMD, perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, TP.PKK dan warga masyarakat Desa Banglarangan.

Camat Ampelgading, Prasetyo mengatakan Kaur Keuangan adalah jabatan yang punya hak penuh memegang uang kantor. Karenanya ia berpesan agar perangkat Kaur Keuangan tetap bekerja lembur di kantor pada saat mendapat pekerjaan yang cukup padat.

"Untuk menjadi Kaur Keuangan, menurut saya sederhana, yang penting jangan lembur di rumah," ujar dia.

Prasetyo khawatir jika pekerjaan diselesaikan di rumah akan terjadi hal-hal tak diinginkan. Sebab Kaur Keuangan berhubungan erat dengan uang kantor.

Dirinya juga mengingatkan agar Kaur Keuangan tidak mengeluarkan uang seenaknya. Kaur Keuangan boleh mengeluarkan uang kantor jika ada perintah dari kepala desa.

Adapun terkait formasi jabatan Kaur Pelayanan di Desa Banglarangan saat ini mengalami kekosongan. Jabatan itu kosong setelah ditinggalkan Saepudin yang mendapat rotasi jabatan sebagai Kaur Keuangan.

Karenanya Prasetyo mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri saat lowongan pengisian formasi jabatan Kaur Pelayanan di Desa Banglarangan dibuka. Menurutnya, Kaur Pelayanan tidak harus dijabat oleh laki-laki, tetapi perempuan pun juga bisa.

"Yang meninggal dunia kan tidak hanya kaum laki-laki saja, kaum perempuan juga meninggal. Jadi formasi Kaur Pelayanan, boleh diisi oleh laki-laki atau perempuan," terang Prasetyo.

Sementara Kepala Desa Banglarangan, Parchah melalui Sekretarisnya, Tri Yoga P menyampaikan bahwa jabatan Kaur Keuangan sebelumnya sempat mengalami kekosongan akibat pejabat lama purna tugas sejak April. Sehingga pemerintah desa melakukan rotasi jabatan.

"Ketika ada kekosongan jabatan kan ada pilihan, selain penjaringan kan ada pengisian perangkat desa dengan rotasi. Akhirnya Bu Kades memanfaatkan kondisi itu karena Kaur Keuangan kebutuhannya lebih mendesak. Sehingga Kaur Keuangan diisi dengan Kaur Pelayanan," paparnya.

Tri Yoga menyebut rencananya pelaksanaan penjaringan pengangkatan perangkat desa untuk pengisian formasi jabatan Kaur Pelayanan akan dimulai pada periode Oktober mendatang.

"Kemungkinan nanti September sudah pembentukan panitia, persiapan sosialisasi dan lain-lain. Pelaksanaan nanti Oktober dan pelantikan di bulan Desember," tukasnya.

Penulis : Yanto 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Banglarangan Rotasi Jabatan Perangkat Desa

Terkini Lainnya

Iklan