iklan

Iklan

iklan

terkini

Pembentukan Karakter Siswa Baru di MPLS SMA Negeri 01 Sirampog Melalui Pelatihan PBB

12/07/2022, 16:40 WIB Last Updated 2022-07-12T10:06:51Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Ratusan siswa baru SMAN 1 Sirampog yang mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mendapatkan pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Sirampog Kodim 0713 Brebes di halaman sekolah setempat, Selasa (12/7/2022).

Serka Agus Susilo, mengatakan PBB itu merupakan salah satu kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dapat membentuk karakter siswa.

Gerakan PBB yang diajarkan meliputi sikap-sikap PBB di tempat, perubahan arah/perpindahan, penghormatan, dan periksa kerapian.

“Dengan PBB, 260 orang siswa-siswi kelas 7 SMAN 1 Sirampog, kita didik untuk lebih mengutamakan kebersamaan atau persatuan diatas kepentingan pribadi. Juga dengan disiplin maka secara tidak langsung mereka kita tanamkan rasa tanggung jawab,” katanya usai memberikan pelatihan.

Lanjutnya, selain itu banyak hal positif lainnya yang bisa diambil dari pembelajaran PBB, yakni karakter untuk kuat di bawah tekanan, loyalitas, dan juga kecepatan dalam mengambil keputusan dalam situasi yang sulit.

Menurutnya, pembentukan watak atau karakter di bangku sekolah, kedepannya akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari, lingkungan belajar-mengajar, maupun saat mereka menjadi pemimpin bangsa kelak.

“Untuk materi tambahan yaitu materi singkat tentang wawasan kebangsaan dan bela negara,” imbuhnya.

Sementara Drs. Munawir, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Sirampog, menyatakan bahwa para anak didiknya sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini karena adanya figur pelatih dari Babinsa - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pembentukan Karakter Siswa Baru di MPLS SMA Negeri 01 Sirampog Melalui Pelatihan PBB

Terkini Lainnya

Iklan