iklan

Iklan

iklan

terkini

Masyarakat Miskin di Kabupaten Brebes Mencapai 300 Ribu Jiwa di Dalamnya 100 Ribu Miskin Ekstim

27/07/2022, 13:00 WIB Last Updated 2022-07-27T07:05:51Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, menyampaikan bahwa masyarakat miskin di Kabupaten Brebes saat ini mencapai 300 ribu jiwa di dalamnya terdapat 100 ribu masuk kategori miskin ekstrim dengan penghasilan rata-rata perhari hanya Rp. 11 ribu saja, hal ini disampaikanya dalam acara 'Pelatihan keterampilan  kewirausahaan dan pemberian bantuan permodalan usaha dalam rangka pengentasan kemiskinan' di Aula Pendopo Eks Kawedanan Bumiayu, Selasa, 26 Juli 2022.

Idza menjelaskan kemiskinan di Brebes menjadi permasalahan bersama untuk itu segala dukungan dan perhatian penuh harus diupayakan, agar masyarakat Brebes bisa bangkit dari permasalahan ekonomi yang menghimpit selama ini.

Salah satu kegiatan guna pengentasan kemiskinan yaitu dengan melakukan  pemberdayaan dan pemberian pendidikan keterampilan serta permodalan kepada masyarakat untuk bisa membuat lapangan pekerjaannya sendiri atau dengan kata lain mampu berwirausaha mandiri.

Dalam kegiatan yang digagas Dinas Koprasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Kabupaten Brebes sejumlah UMKM mendapatkan bantuan permodalan dan mendapat pelatihan berbagai keterampilan dalam mengolah beberapa jenis makanan jajanan yang umum di masyarakat.

Idza berharap dengan bekal keterampilan dan bantuan modal serta bahan-bahan yang telah di berikan nantinya mampu mengangkat perekonomian keluarga dan mampu bangkit dari masalah kemiskinan.

"Dengan bantuan yang diberikan ini saya harap mampu mengangkat dan bangkit dari keterpurukan ekonomi, kalau ekonominya mapan, mampu menciptakan keluarga yang harmonis selain itu juga bisa untuk menyekolahkan anak sehingga masa depanyacerah," tutur Idza.

Lanjut Idza selain pemberian bantuan permodalan usaha Ia juga tetap mengingatkan agar masyarakat yang belum vaksin ke 3 untuk segera divaksin karena vaksinasi juga solusi mencegah covid'19 datang kembali, berdasarkan pengalaman covid-19 telah memporak-porandakan sendi perekonomian.

"Monggo bantuan yang di berikan agar dimanfaatkan sebaik-baiknya, jangan lupa bagi masyarakat yang belum vaksin 3 agar sesegera divaksin, agar jangan sampai usaha yang sudah mulai dirintis dan berkembang terhempas kembali oleh si Covid, segera vaksin ya Bapa dan Ibu," tegas Idza.

Drs Zaenudin, M.Si Kepala Dinkopumdag Brebes, melalui Agus Supridjadi selaku Kasubag menjelaskan bantuan yang diberikan kepada 200 peserta merupakan bantuan UMKM bagi masyarakat di wilayah Brebes selatan, meliputi 5 kecamatan yaitu Bumiayu, Paguyangan, Sirampog, Tonjong dan Bantarkawung. 



"Mereka mendapat bantuan permodalan berupa uang tumai sebesar Rp 600 ribu, serta satu paket bahan baku untuk produksi, " terang Agus.

Selain memberikan permodalan dan bahan-bahan yang di butuhkan tim teknis Dinkopumdag juga meberikan pelatihan-pelatihan diklat cara pengolahan makanan agar menghasikan makanan yang enak, sehat dan berkualitas sehingga nanti mampu bersaing di pasaran.

"Kita berikan pelatihan seperti membuat jajanan bakpau, cilok, agar-agar dan jajanan lainya. Harapanya nanti ketika sudah pulang kerumah untuk segera mempraktekan serta membuka usahanya, dengan adanya usaha semoga dapat menambah inkam bagi keluarga," punkasnya. (yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Masyarakat Miskin di Kabupaten Brebes Mencapai 300 Ribu Jiwa di Dalamnya 100 Ribu Miskin Ekstim

Terkini Lainnya

Iklan