iklan

Iklan

iklan

terkini

Kasi PMD Kecamatan Bantarkawung Santoso : Bumdes Desa Lebih Aktion Lagi Jangan Hanya Mengandalkan Simpan Pinjam

15/07/2022, 13:08 WIB Last Updated 2022-07-15T07:06:39Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pembentukan Bumdesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama) di tiap desa di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes sepakat untuk mengalokasikan dana sebesar Rp. 5 juta dari masing-masing desa sebagai investasi atau permodalan awal bagi Bumdesma.

Kegiatan sosialisasi serta pembentukan Bumdesma dan pembentukan tim penyusun RKP Desa tahun 2022, sebagai tim teknis Bumdesma di desa dilaksanakan melalui rapat Musyawarah Desa (Musdes), dihadiri Kepala Desa (Kades) Jipang Dahro, Kasi PMD Kecamatan Santoso, Kasi Tantribum Suranto, Para Ketua BPD, LPM, Karangtaruna beserta anggota, Ketua RW/RT serta Tomas dan Toga se Desa Jipang pada Kamis, 15 Juli 2022.

Dalam sambutan Kades (Kepala Desa) Jipang Dahro mengapresiasi langkah-langkah Bumdesma kedepan, Bumdesma diharapkan mampu berakselerasi bersama Bumdes Desa untuk semakin meningkatkan kemajuan bagi desa melalui usaha milik desa sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD).

Dalam musdes telah disepakati dan terpilih 11 orang sebagai tim teknis penyusun RKP dan akan menjadi delegasi perwakilan dalam agenda rapat Bumdesma tingkat Kecamaatan Bantarkawung, 11 orang tersebut antaralain ; Dahro (Kades), Supono (Sekdes), Sukron MA (Kadus), Darminto (LPM), Cecep Hartono, Andi Kurniawan, Rasdianto (unsur Rt), Deni Arianto (unsur Rw), Nung Rumanah (unsur perempuan), Durja (tomas) dan Andes Sugianto (unsur pemuda).

"Semoga dengan kerjasama apik Bundesma dan Bumdes Desa nantinya mampu meningkatkan kemajuan bagi Desa Jipang, tentunya dengan di topang PAD melalui kenerja Bumdes dan Bumdesma," Papar Kades Dahro.

Dahro juga menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya tim 11. "Semoga yang sudah terpilih melalui musdes ini dapat mengemban tanggung jawab dalam kinerja, serta mampu mengemban amanat masyarakat Jipang," pungkasnya.

Kasi PMD Kecamatan Bantarkawung Santoso menjelaskan, penyertaan modal untuk Bumdesma sudah menjadi kesepakatan para Kades se Kecamatan Bantarkawung. Dengan nomilal awal sebesar Rp. 5 juta dari tiap desa. Ia berharap dengan adanya Bumdesma, Bumdes yang sudah ada di desa mampu aksen lebih baik lagi.

"Saya harap dengan adanya Bumdesma, Bumdes Desa mampu aksen lebih baik lagi dan memperluas jaringan usahanya, tidak hanya bergerak dibidang simpan pinjam saja akan tetapi di bidang-bidang lainya," jelas Santoso. 

Santoso menambahkan, Bumdes dan Bumdema diharapkan dapat memperluas jaringan usaha yang lebih variatif jenisnya, ia mencontohkan banyak usaha seperti usaha dibidang perdagangan, penanganan sampah atau koprasi dan usaha-usaha lainya yang memiliki potensi untuk memperoleh atau meningkatkan surplus yang lebih banyak. Dari usaha-usaha tersebut diharapkan Bumdesma dan Bumdes Desa mampu dalam menopang PAD desa, sehingga desa mudah mendapatkan anggaran untuk pembangunan serta menjadikan desa lebih maju dan mandiri. (yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kasi PMD Kecamatan Bantarkawung Santoso : Bumdes Desa Lebih Aktion Lagi Jangan Hanya Mengandalkan Simpan Pinjam

Terkini Lainnya

Iklan