iklan

Iklan

iklan

terkini

Jelang Idul Adha, Polsek Bulakamba Blusukan Ke Kandang Peternak Guna Cegah Wabah PMK

07/07/2022, 13:27 WIB Last Updated 2022-07-07T06:27:06Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Bulakamba Polres Brebes melakukan pengecekan ke kandang ternak milik warga di Desa Pulogading RT. 04/02 guna waspadai wabah PMK pada peternak hewan di wilayah Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Kamis (7/7/2022).

Pengecekan yang dilakukan oleh Aipda Dwi Pramudyo anggota Bhabinkamtbmas mengatakan sebagai langkah awal pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) baik kepada pemilik ternak maupun penjual hewan qurban." Terlebih jelang Idul Adha yang tinggal beberapa hari lagi sebanyak 8 ekor sapi milik Zaenudin telah dilakukan vaksinasi oleh Mantri hewan dan tidak ditemukan yang terjangkit PMK,” ujarnya.

Lanjut Dwi pihaknya menghimbau kepada para pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang maupun kebersihan pada hewan dengan dilakukan penyemprotan cairan Insfektan, serta berkoordinasi dengan petugas kesehatan maupun dinas terkait guna mencegah penyebaran PMK.

"Untuk mewaspadi wabah PMK hewan ternak, Polsek Bulakamba akan selalu berkomitmen bersama dinas terkait untuk terus memantau perkembangan situasi penyakit mulut dan kuku. Sehingga kasus tersebut tidak menyebar di wilayah Kabupaten Brebes," tuturnya.

Sementara, Kapolsek Bulakamba AKP Pardi Mengatakan sejak merebaknya kasus PMK di beberapa wilayah namun Jajaran Kepolisian Resor Brebes khususnya Polsek Bulakamba melalui para Bhabinkamtibmas secara rutin untuk melakukan pengecekan." Baik itu ke para peternak maupun ke tempat pedagang hewan musiman menjelang hari raya Idul Adha tahun ini,” ujarnya.

Selain kegiatan pengecekan maupun patroli tersebut untuk memberikan himbauan tentang wabah PMK juga bertujuan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di tengah masyarakat terlebih saat ini menjelang hari raya qurban.

“Diharapkan masyarakat tidak perlu panik, apabila menemukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dilingkunganya bisa melaporkan ke Polsek maupun Dinas terkait sehingga bisa segera ditangani secara tepat dan cepat,” pungkasnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Jelang Idul Adha, Polsek Bulakamba Blusukan Ke Kandang Peternak Guna Cegah Wabah PMK

Terkini Lainnya

Iklan