iklan

Iklan

iklan

terkini

Giat Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sungai 2022 Agar Ada Tindak Lanjutnya

01/07/2022, 07:36 WIB Last Updated 2022-07-01T00:36:29Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kondisi wilayah geografi Desa Pengarasan, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes penuh dikelilingi oleh sungai sehingga manakala musim hujan mengalami bencana banjir dan di musim kemarau masyarakatnya mengalami kekurangan air.

Demikian disampaikan Dharmawan R. Afgani Aziz
selaku Ketua Karang Taruna Desa Pengerasan saat mengikuti sesi dialog sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sungai tahun 2022 oleh Balai Pengelolaan SDA Pemali Comal di Aula kantor Desa Pengarasan, Kamis (30/6/2022).

R. Afgani Aziz yang biasa dipanggil dengan Aga yang mewakili masyarakat dan petani melontarkan pertanyaan terkait partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sungai masyarakat di Desa Pengarasan menyatakan siap karena selama ini partisipasi masyarakat itu sangat tinggi dan aktif bergotong-royong, terbukti pada setiap terjadi bencana banjir dan longsor mereka sangat antusias untuk saling membantu. Namun partisipasi ini tidak didukung dengan sarana yang dimiliki dalam penanganan darurat sehingga dibutuhkan kehadiran partisipasi dari pemerintah melalui OPD terkait maupun anggota DPRD.

Partisipasi pemerintah ini sangat diperlukan agar bisa melakukan survey kelokasi sehingga mengetahui kondisi yang ada untuk bisa bagaimana cara atau teknis dalam penanganan bencana tersebut.

Aga mengatakan pihaknya sudah  keempat kali mengikuti acara serupa ini yang bertema sama yaitu tentang air di desanya.  Namun sampai saat ini tidak ada tindak lanjut dari hasil sosialisasi itu.

"Inti usulan masyarakat khususnya petani Pengarasan meminta agar di saat musim kemarau harus ada ketersediaan air untuk kebutuhan pertaniannya sebagai ketahanan pangan yang bisa diharapkan," ujarnya.

Lebih anjut Aga mengatakan, dalam kegiatan ini juga berharap sosialisasi ini tidak sekedar bersosialisasi saja, namun harus ada tindak lanjutnya dalam penanganan kondisi yang dihadapi masyarakat desa Pengarasan.

Sementara H Wahyudin Nooraly anggota Komisi D DPR Propinsi Jateng dari Fraksi PAN menanggapi pertanyaan Ketua Karang Taruna Desa Pengarasan, memberikan solusi agar pihak desa bisa mengusulkan bangunan embung dan pihaknya siap bersama-sama untuk membantunya asalkan pihak desa menyiapkan lahannya.

Kegiatan Sosialisasi 
peningkatan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sungai tahun 2022 oleh Balai Pengelolaan SDA Pemali Comal dihadiri Dinas PUSDA TaRu Prop Jateng yang diwakili Kabid Sungai Pantai dan Rawa, dan menghadiri narasumber dari anggota Komisi D DPRD Propinsi H. Wahyudin Nooraly dan H Sarei Abdul Rosid, PSDA, Kepala BPBD Brebes, Camat, Perwakilan Kapolsek/Danramil, 7 Kades (Pengarasan, Bantarwaru, Bangbayang, Pangebatan, Sindangwangi, Kebandungan dan Bantarkawung),
Perangkat Desa, TP PKK, Ketua Karang Taruna, Tokoh masyarakat desa setempat dengan menghadirkan nara sumber dari anggota Komisi D DPR Propinsi -
H.Wahyudin Nooraly F PAN dan H Sarei Abdul Rosid F PDI Perjuangan.(imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Giat Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sungai 2022 Agar Ada Tindak Lanjutnya

Terkini Lainnya

Iklan