iklan

Iklan

iklan

terkini

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kab. Brebes Tahun 2022 Dibuka Wakil Bupati

20/07/2022, 17:42 WIB Last Updated 2022-07-20T10:44:14Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Kabupaten Brebes bertempat di SMP Negeri 3 Brebes dan dibuka oleh Wakil Bupati Brebes Narjo, Rabu (20/7/2022). 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Brebes Caridah mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya FLS2. " Mudah-mudahan pelaksanaan hari ini aman, nyaman, lancar, tertib tidak ada persoalan apapun," kata Caridah dalam sambutannya.

Ia mengungkapkan, sudah 2 tahun tidur karena Covid-19, dari tahun 2020 sampai tahun 2021 tidak ada kegiatan lomba-lomba baik melalui lomba akademik maupun non-akademik.

" Alhamdulillah berkat ridho dari Allah SWT hari ini satu bukti insyaallah Indonesia bangkit dari Covid-19, tepuk tangan untuk kita semua. Bukti bahwa kita bangkit hari ini diselenggarakan lomba Pekan Seni siswa tingkat Kabupaten tahun 2022," katanya menambahkan.

Dia berharap untuk kontingen dari 17 kecamatan dan juga SMP se Kabupaten Brebes menjadi atlet yang supportif.  " Jadilah peserta lomba yang supportif, kita junjung hasil keputusan dewan juri. Saya berharap siapapun yang nanti menjadi yang terbaik masuk pada 3 besar, 5 besar, 10 besar itulah yang terbaik putra putri kita," tandasnya.

Caridah juga mengajak para guru agar mengajari demokrasi secara simpel, bahwa ketika juri sudah menjatuhkan pemenang, memberikan keputusan pemenang motologu para guru harus mengakui keunggulan lawan. 

" Bapak ibu guru dan kepala sekolah harus mengakui keunggulan lawan kita, jangan jadi persoalan. Ini adalah kegiatan ekspresi anak-anak kita, jadi disamping anak-anak nanti akan menampilkan segala kreasi yang sesuai dengan mata lomba yang akan diadakan hari ini, anak-anak kita juga diajari dengan karakter, nilai-nilai karakter sportivitas, tanggungjawab, kerjasama, dan lain sebagainya," ucap Caridah.

Dia merasa bangga dan mengucapkan terimakasih khusus untuk penyelenggara yaitu melalui bidang Dikdas (Pendidikan Dasar) yang diserahtugaskan pada keluarga besar SMP Negeri 3 Brebes.  " Al Hamdulillah mudah-mudahan penyambutan ini sungguh luar biasa. Adapun kekurangan lain kami mohon maaf yang setulus-tulusnya karena keterbatasannya," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Narjo dalam sambutannya mengajak semua sebagai orang yang beragama hidup di negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila NKRI harga mati. "Mudah-mudahan acara hari ini diridhoi Allah, manfaat, semangat, insyaallah berkah untuk kita semua," ucap Narjo.

Selama 2 tahun, kata Narjo, vakum dalam kegiatan pendidikan, ada tata cara yang lain dan sebagainya karena adanya virus Corona, Covid-19 yang melanda bukan di Brebes saja, di negara kesatuan bahkan di seluruh dunia akhirnya tidak ada pelaksanaan kegiatan. " Maka hari ini rabu 20 Juli 2022 kita bangkit kembali bahwa dunia pendidikan tetap bergerak untuk semangat untuk pendidikan kita, acara pada hari ini sangat bermanfaat sekali guyup rukun dalam rangka untuk mengembangkan pendidikan semangat kebersamaan kita semua adalah bersaudara. Kita semua adalah sedulur dewek, kita semua harus rukun guyup karena misi kita adalah pengabdian," katanya.

Lebih lanjut Narjo mengemukakan, yang namanya kekurangan pasti ada, tidak ada manusia yang sempurna, tentunya manusia ada kelemahannya. Setiap manusia makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah SWT, itu tidak sempurna. Manusia ada sisi kelebihannya dan ada sisi kekurangannya. " Kekurangannya itu mari kita tutupi, jangan menyebar aib sesama saudaranya. Kita harus rukun, kita bangkitkan gerakan bahwa kita hidup sesama orang Brebes saling rukun, saling guyup untuk mengisi kekurangannya untuk menuju kesempurnaan," tukas Narjo.

" Manusia itu tidak sempurna, manusia tempatnya kurang, dan kurang, dan rendah, dan tidak ada orang yang hebat. Tidak ada orang yang hebat, yang hebat hanya Allah SWT yang harus dipuji, disanjung setiap hari setiap menit hanya Allah SWT," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kabid Dikdas Dindikpora Kab. Brebes Juwita mengatakan bahwa pendidikan dasar merupakan bagian dari pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani dan rohani. Pengembangan prestasi dan karakter peserta didik yang meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral pendidikan serta memiliki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional(FLS2N) jenjang SD dan SMP tahun 2022 bertujuan:
1. Mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang berbasis budaya bangsa.
2. Menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa.

Ada pun tema FLS2N bidang pendidikan dasar tahun 2022 adalah "Memuliakan Kearifan Lokal Menembus Dunia".

Lebih lanjut Juwita melaporkan bahwa Peserta FLS2N SD dan SMP merupakan juara 1 hasil seleksi dimasing-masing kecamatan dan maju ke tingkat kabupaten. Adapun lomba yang dipertandingkan sebagai berikut: 

Jenjang SD

1. Menyanyi tunggal = 17 peserta
2. Seni tari = 51
 peserta
3. Pantomim = 34 peserta
4. Gambar berita = 17 peserta
5. Kriya anyam = 17 peserta
Jumlah total = 136 peserta

JENJANG SMP
1. Festival Kreativitas Tari = 85 peserta
2. Lomba gitar duet = 34 peserta
3. Lomba vokal solo = 17 peserta
4. Lomba desain poster = 17 peserta 
Jumlah total = 153 peserta
(Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kab. Brebes Tahun 2022 Dibuka Wakil Bupati

Terkini Lainnya

Iklan