iklan

Iklan

iklan

terkini

Bupati Klungkung Siap Sukseskan Gelaran Festival Adat dan Budaya Nusantara I - Bali

06/07/2022, 12:21 WIB Last Updated 2022-07-06T05:21:08Z
EMSATUNEWS.CO.ID, KLUNGKUNG - Dalam rangka untuk menyukseskan gelaran acara adat dan budaya yang bertajuk Festival Adat dan Budaya Nusantara I - Bali, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta siap untuk mendukung dan menyukseskannya.

Hal itu disampaikan I Nyoman Suwirta saat tengah bertemu rombongan audiensi dari Dewan Pengurus Pusat Masyarakat Adat Nusantara (DPP MATRA).

Dalam gelaran audiensi tersebut dipimpin secara langsung oleh Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangku Alam II Ketua Umum DPP MATRA dengan diikuti Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukkajannangngang yang merupakan Calon Ketua Umum DPP MATRA, Suttan Muhammad Yusuf Calon Wakil Ketua Umum DPP MATRA, KGRAA Mangku Alam II Ketua Umum Puteri Keraton Nusantara serta para calon pengurus DPP MATRA, pengurus PRIKTA dan pengurus Srikandi MasyarakatAdat Nusantara (SRITA).

Mengawali sambutannya KGPAA Mangku Alam II menyampaikan maksud dan tujuannya untuk suksesi gelaran besar yang akan digelar pada bulan Agustus 2022 mendatang.

"Dengan hadirnya kami untuk koordinasi dan berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Klungkung guna suksesi Festival Adat dan Budaya Nusantara I - Bali. Selain itu kami juga berharap acara ini bisa mendorong bangkitnya ekonomi masyarakat serta eksistensi adat dan budaya yang ada di Kabupaten Klungkung pada khususnya,"ucap Ketum DPP MATRA.

Selain hal tersebut KGPAA Mangku Alam II juga menyampaikan bahwa kegiatan ini nantinya akan dihadiri oleh Raja, Sultan serta Pemangku Adat Se-Nusantara serta beberapa kerajaan sahabat dari manca negara.

"Ini nanti akan menjadi momen gelaran adat dan budaya besar pertama kali di Indonesia karena yang hadir nanti tidak hannya dari dalam negeri namun kerajaan dari manca negara juga sebagian besar sudah menyampaikan untuk kehadirannya," imbuhnya.

 Acara ini didukung juga oleh Kumpulan Pengusaha Jepang Indonesia (Janesia) dan Skynosoft.

I Nyoman Suwirta dalam sambutannya menyampaikan banyak apresiasi, pasalnya Festival Adat dan Budaya Nusantara I-Bali ini sudah sangat tepat digelar di Bali tepatnya di Kabupaten Klungkung mengingat Klungkung adalah inti dari peradaban Bali.

"Saya ucapkan selamat datang di kabupaten Klungkung, kabupaten terkecil di Bali namun disini adalah inti dari peradaban di Bali," ungkap I Nyoman Suwirta.

Disisi lain orang nomer satu di Kabupaten Klungkung itu juga mengajak agar selalu ingat bagaimana asal dan adat tradisi.

"Kita harus selalu ingat bagaimana asal kita, jadi itu yang menjadikan saya selalu terus support dan perhatikan adat budaya khususnya kerajaan," ucapnya.

I Nyoman Suwirta juga berharap gelaran Festival Adat dan Budaya Nusantara I-Bali ini bisa menjadi magnet tersendiri untuk eksistensi kerajaan di Klungkung pada khususnya.

"Saya berharap acara ini bisa menjadi inspirasi dan menjadi magnet eksistensi kerajaan Klungkung di kancah Nusantara dan internasional, Saya juga berharap kegiatan ini bisa menjadi awal kembalinya kita pada jati diri bangsa kita yang sangat menjunjung tinggi adat dan budaya," pungkasnya I Nyoman Suwirta (*).

Reporter : Den
Editor      : Fahroji
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Klungkung Siap Sukseskan Gelaran Festival Adat dan Budaya Nusantara I - Bali

Terkini Lainnya

Iklan