iklan

Iklan

iklan

terkini

Bupati Brebes Izda Priyanti Tinjau Pelatihan Budidaya Ikan dan Serahkan Bantuan Bibit Ikan

26/07/2022, 22:09 WIB Last Updated 2022-07-26T15:25:31Z

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bupati Brebes Idza Priyanti, bersama rombongan meninjau Pelatihan Budidaya ikan sekaligus menyerahkan bantuan bibit ikan kepada peternak, Selasa (26/7/2022).

Pada kesempatan tersebut Idza Priyanti mengungkapkan, Kabupaten Brebes memiliki potensi perikanan air tawar berupa lahan kolam seluas 17,89 ha yang tersebar di 5 kecamatan pantura, dengan produksi kolam tahun 2021 sebesar 3.289,70 ton dengan nilai produksi Rp. 64.506.694.000,-.

Potensi perikanan air tawar yang terbesar adalah budidaya lele produksi tahun 2021 sebesar 2.488.133 kg dengan nilai produksi Rp. 44.786.394.000,-. Salah satu upaya untuk berbudidaya lele dengan metode budidaya ikan yang disinergikan dengan tanaman sayuran yang dilakukn dalam wadah berupa ember (budikdamber) budidaya ikan dalam ember. 

 Prinsip pelaksanaan budikdamber sama dengan aqua ponik yang mensinergikan antara budidaya tanaman dan ikan dalam satu wadah, namun dalam wadah yang kecil (ember) sehingga efisien bila ditempatkan di lahan yang sempit, selain efisiensi lahan, budikdamber juga hemat listrik dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan tambahan pupuk selama pemeliharaannya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes melalui Dinas Perikanan melaksanakan gerakan penanganan miskin ekstrem melalui pelatihan budidaya ikan dalam ember dan penyerahan paket budikdamber untuk 400 warga miskin ekstrim dari 5 kecamatan pantura, dengan perwakilan masing-masing kecamatan 80 orang warga miskin ekstrim.

Kegiatan Penyerahan Bantuan Paket Budikdamber secara simbolis pada hari Minggu 24 Juli 2022 dilaksanakan di aula Kecamatan dengan peserta merupakan warga miskin ekstrim sebanyak 400 orang dari 28 desa di 5 kecamatan yaitu Kecamatan Brebes Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari masing-masing sebanyak 80 orang. 

Paket bantuan yang akan diserahkan kepada warga miskin ekstrim berupa paket budidaya ikan dalam ember, yang terdiri dari : ember plastik 70 liter 1 unit, benih lele 100 ekor, pakan lele 7 Kg, dan bibit kangkung 1 kantong 
pemberian paket bantuan budikdamber ini diawali dengan pemberian pelatihan cara berbudidaya ikan secara sederhana di ember. pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat miskin ekstrim dalam berbudidaya ikan lele. sedangkan pemberian bantuan paket budidaya ikan dalam ember bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran dan memenuhi kecukupan gizi keluarga khususnya protein hewani. Target Produksi dari kegiatan ini adalah 4.000 kg dengan nilai produksi Rp 80.000.000,-

Besar harapan kami semoga bantuan paket budikdamber ini dapat membantu warga miskin ekstrim dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, khususnya penyediaan lauk ikan dan sayuran kangkung (Bambang S)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Brebes Izda Priyanti Tinjau Pelatihan Budidaya Ikan dan Serahkan Bantuan Bibit Ikan

Terkini Lainnya

Iklan