iklan

Iklan

iklan

terkini

Abpednas Bukan Saingan Tapi Mitra Kerja Kades Dalam Memajukan Pembangunan Desa

25/07/2022, 21:06 WIB Last Updated 2022-07-25T14:06:30Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Pengurus Anak Cabang Asosiasi Badan Pemusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) dan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Kepala Desa dan BPD se Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes resmi dilakukan pelantikan oleh Ketua Abpednas Labupaten Brebes di Hotel Agraeni Bumiayu, Minggu (24/7/2022) kemarin.

Ketua Abpednas Kabupaten Brebes Toridin dalam sambutannya menyampaikan selamat dan suport kepada jajaran kepengurusan Abpednas Kecamatan Bantarkawung dengan harapan bisa menjalan programnya dengan baik, pasalnya Abpednas ini bukan merupakan kelompok tandingan bagi kepala desa (Kades) melainkan sebagai mitra kerjanya para kades dalam membangun dan memajukan desa, demi kesejahteraan masyarakatnya, sesuai dengan tugas dan fungsi BPD (Badan Permusyawaratan Desa). 

Menurut Toridin, jika di kabupaten ada DPRD, maka di desa ada BPD yang akan menampung seluruh aspirasi dan masukan masyarakatnya, yang bermuara terhadap kesejahteraan.

"Sehingga, sekali lagi Abpednas ini juga bukan saingan bagi Kades apalagi DPRD, tetapi sebagai mitra kerja untuk membangun Kabupaten Brebes menjadi lebih baik," tegasnya.

Camat Bantarkawung Slamet Budi Raharjo menyampaikan, selamat atas dilantik dan dikukuhkannya PAC ABPEDNAS Kecamatan Bantarkawung dengan harapan keberadaan ABPEDNAS ini dapat memberikan kontribusi terkait permasalahan yang ada di desanya.

Hal yang sama diungkapkan Kasie Pemerintahan, Fahruroji maksud dan tujuan dari pembentukan dan pelantikan PAC ABPEDNAS diantaranya guna membangun bersama komunikasi aktif menuju sinkronisasi antara BPD dengan BPD yang lain. BPD dengan Pemerintah Desa, BPD dengan Pemerintah Kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten. Sehingga akan terwujud situasi dan kondisi yang kondusif.

"Jika situasi kondusif, secara otomatis pembangunan di desa bisa berjalan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya. 

Fahruroji mengatakan, di saat ini zamannya era tranparansi, tapi bukan berarti terbuka semuanya. namun fungsi masing-masing harus dijalankan.

“Fungsi pemdes sebagai penyelenggaran pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan.sedangkan 
fungsi BPD untuk pengawasan. Apabila ada hal yang kurang baik disampaikan ke Pemdes untuk mencari solusi," pungkasnya

Sementara kegiatan Pelantikan Abpednas dan Bimbingan Teknis kepada Kades dan BPD se kecamatan Bantarkawung
tersebut dihadiri Kepala Dinpermades, Jajaran Abpednas Brebes, Camat, Plt Damramil 12, Sekcam Bantarkawung, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesos, Kasi PMD, Kepala Desa, Ketua BPD Se Kecamatan Bantarkawung berjalan dengan lancar dan kondusif - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Abpednas Bukan Saingan Tapi Mitra Kerja Kades Dalam Memajukan Pembangunan Desa

Terkini Lainnya

Iklan