iklan

Iklan

iklan

terkini

SDN 01 Kaliwadas Bumiayu Raih Juara III FLS2N 2022 Lomba Seni Tari Tingkat Kabupaten Brebes

22/07/2022, 22:23 WIB Last Updated 2022-07-22T15:23:08Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Ekstrakurikuler merupakan salah satu pembentukan karakter bagi siswa sebagai penerus generasi muda mendatang yang berkualitas. Hal tersebut disampaikan Kepala SDN 01 Kaliwadas di ruang kerjanya, Jum'at (22/7/2022).

Dengan ekstrakurikuler di bidang 
seni tari SDN Kaliwadas 01 Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes berhasil mengantarkan siswanya menjadi juara III tingkat kabupaten Brebes dalam lomba seni tari 2022 meski muridnya masih pemula dalam mengikuti lomba namun bisa mewakili SDN se Kecamatan Bumiayu dan meraih juara III tingkat Kabupaten Brebes.

Heny Puji R. Selaku Kepala SDN Kaliwadas 01,mengatakan  kegiatan ekstrakurikuler  bertujuan untuk membekali siswa dengan pengalaman estetika berupa kegiatan berekspresi dan terapresiasi tari.

“Sekalipun dalam kegiatan FLS2N, bidang seni tari yang di selenggarakan di tingkat kabupaten Brebes pada tgl 20 Juli 2022 lalu SDN 01 Kaliwadas hanya mendapat peringkat III tapi cukup membanggakan kami keluarga besar SDN 01 Kaliwadas karena dapat mewakili kecamatan Bumiayu maju ke tingkat kabupaten dengan penampilan Seni Tari yang di beri judul ‘Dolan Sawah’ Menggambarkan kegembiraan anak anak setelah masa pandemi, mereka para penari bermain sepuasnya di sawah,” katanya.

Dalam kegiatan ekstrakurikuler Tari,pihaknya berharap kedepannya akan menjadi program unggulan di sekolahnya sehingga manakala ada acara yang mendadak membutuhkan pentas seni  tidak perlu latihan dasar Karena dalam tari antara wiraga, wirasa dan wirama tidak bisa terpisahkan satu sama lain dan dibutuhkan proses panjang untuk sebuah keluwesan tari.

Heny juga mengungkapkan SDN 01 Kaliwadas memiliki Visi ‘Cerdas, Inovatif dan Akhlakul Karimah’ yang disingkat CERIA. Kegiatan ekstrakurikuler juga merupakan kegiatan yang membutuhkan kecerdasan siswa untuk memilih jenis kegiatan sesuai bakat dan minat siswa.
 .
"Tari yang akan diajarkan  terdiri dari jenis tari tradisional dan kreasi, dengan pelatih dari dalam dan guru tari dari luar .adapun jadwal pelaksanaan pelatihan tari pada waktu tertentu juga terstruktur," ungkapnya.

Menurut Heny kegiatan ekstrakurikuler seni tari harus ada pendukung  sumber daya  siswa yang berkualitas, guru yang kreatif dan komunikatif, dukungan dari sekolah dan orang tua siswa, apabila hal itu terpenuhi pelatihan seni tari bisa sukses sesuai yang diharapkan.

Lanjut Heny, berbagai prestasi yang diraih muridnya diantaranya meraih juara dalam dua tahun terakhir ini sebagai juara pertama tingkat nasional dalam lomba puisi daring, juara 1 tenis lapangan, juara bidang MAPSI, juara futsal dan masih ada lagi kejuaraan yang lain. 

"Kami tetap berupaya  meningkatkan Ekstrakurikuler di di sekolah mengutamakan kurikulum yang ada di sekolah dengan mengintegrasikan  pendidikan karakter pada semua mapel,” pungkasnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SDN 01 Kaliwadas Bumiayu Raih Juara III FLS2N 2022 Lomba Seni Tari Tingkat Kabupaten Brebes

Terkini Lainnya

Iklan