iklan

Iklan

iklan

terkini

Warga Desa Suru Gelar Tradisi Sedekah Bumi

08/06/2022, 23:55 WIB Last Updated 2022-06-08T19:12:15Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Warga Desa Suru Kecamatan Bantarbolang mengadakan acara tradisi sedekah bumi. Acara tersebut dilaksanakan di halaman balai desa setempat, Rabu (8 Juni 2022).

Dalam acara sedekah bumi ini dikumpulkan berbagai produk hasil bumi dari warga desa setempat, seperti pisang, ketela, pepaya, beras dan lain sebagainya. Tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun oleh warga Desa Suru ini bertujuan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Serta untuk lebih dapat memaknai bahwa semua kehidupan datangnya dari bumi.

Kepala Desa Suru, Harun Solichin mengatakan bahwa acara sedekah bumi ini dilaksanakan satu tahun sekali pada Rabu Kliwon di bulan Dzul Hijjah atau bulan Apit. Menurutnya, tradisi ini sangat penting untuk dilaksanakan karena merupakan adat istiadat kuno yang dapat menyatukan warga masyarakat dalam berbuat kebaikan.

"Di Desa Suru ini, selain acara sedekah bumi, acara Suronan juga ada. Tapi beda. Kalau kaitannya dengan acara sedekah bumi, ini hasil bumi yang diberikan kepada pemerintah desa ini untuk diselamati, untuk disyukuri. Makanya kita berkumpul di balai desa ini untuk berdoa bersama-sama masyarakat sebagai itikad baik rasa syukur kepada Allah SWT hubungannya dengan hasil bumi kita," terangnya.

Harun mengungkapkan acara sedekah bumi kali ini dilaksanakan oleh warga di Dusun Krajan. Sementara 5 dusun lainnya menginduk pada acara tersebut. Namun demikian setiap dusun dari 5 dusun itu juga akan menggelar acara selamatan. Nantinya diharapkan masing-masing dusun tersebut juga membuat tumpeng dan menggelar doa bersama.

"Desa Suru ini ada 6 dusun. Adapun induk kegiatan ini ada di Dusun Krajan. Sedangkan yang 5 dusun menginduk. Tetapi kegiatan ini nanti ada kelanjutannya, dilaksanakan di setiap dusun. Jadi nanti setiap dusun masing-masing melaksanakan selamatan seperti itu. Ada yang pakai nasi ponggol yang nantinya ditukar satu sama lain antar warga," tukasnya.

Adapun dalam acara sedekah bumi ini dilakukan pula penyerahan kenang-kenangan oleh Kepala Desa Suru, Harun Solichin kepada mantan kepala desa setempat. Acara ini kemudian diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Kapolsek Bantarbolang yang selanjutnya diserahkan kepada kepala desa.

Hadir dalam acara tersebut  diantaranya Forkompimcam Bantarbolang, anggota DPRD Pemalang dari Fraksi PKB Dapil IV H.Mukhtarudin, KPH Pekalongan, perangkat Desa Suru, BPD, LPMD, TP.PKK, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta warga Desa Suru.

Penulis : Yanto
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Warga Desa Suru Gelar Tradisi Sedekah Bumi

Terkini Lainnya

Iklan