iklan

Iklan

iklan

terkini

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pemdes Taraban Paguyangan Gelar Pelatihan Bididaya Ikan Lele

07/06/2022, 20:59 WIB Last Updated 2022-06-07T13:59:04Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Upaya untuk meningkatkan perekonomian warga Pemdes Taraban kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes mengadakan pelatihan Budidaya ikan air tawar dengan jenis lele dan pemberian Benih beserta pakan  bagi pelaku Budidaya ikan air tawar bantuan Dana Desa (DD) tahun 2022 di Aula kantor desa setempat, Selasa ( 7/6/2022) pagi.

Kepala Desa (Kades) Taraban Uma Farida mengatakan  maksud dari tujuan ini adalah untuk meningkat perekonomian warga untuk masa yang akan datang dan dengan adanya kegiatan ini juga warga dapat melakukan pembenihan,  pembesaran ikan lele yang mudah dipelihara oleh mereka  sehingga ekonomi masyarakat  akan bisa meningkat.

"Ada sekitar 40 warga sebagai  budidaya ikan lele mereka mendapat bantuan 1000 benih dan pakan ikan lele yang dianggarkan dari DD tahun 2022 dengan harapan bantuan  berupa benih ikan tersebut dapat dipelihara dengan baik dan berkembang  sampai besar dan hasilnya  bisa dipanen/dijual untuk menambah penghasilan hidup keluarga mereka," harap Farida.

Dikatakan Farida  pihaknya berharap kepada peserta latihan ini bisa bersungguh sungguh mengikuti pelatihan ini yang nantinya untuk bisa diterapkan dilingkungannya dalam membudidaya ikan lele.

“Semoga setelah pelatihan ini kita dapat melakukan proses pembenihan bibit sendiri ya minimal kita bisa membesarkan larva larva ikan lele sampai ketahap pembenihan,” ujarnya.

Tampak dalam pelatihan tersebut warga diajarkan bagaimana cara seleksi induk, pemijahan telur, sampai perawatan larva larva ikan hingga pembesarannya. selain itu peserta diajarkan menentukan kadar ph dan suhu air juga diajarkan cara menghitung jumlah pakan yang diperlukan sesuai jumlah ikan.karena bilamana air tidak tepat dan makanan nya berlebihan akan menyebabkan ikan mati.

Sementara kegiatan tersebut dihadiri Camat Paguyangan yang diwakilkan oleh Kasi pemerintahan Sutardi,
Kades Taraban Uma Farida, Babinsa  Sertu Edi A Hataul, Babinkamtibmas  Aipda Arief R, PPL Perikanan  Suharno dan Puluhan pelaku Budidaya ikan  lele desa setempat.

Selama kegiatan berlangsung Aman, tertib dan Lancar - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pemdes Taraban Paguyangan Gelar Pelatihan Bididaya Ikan Lele

Terkini Lainnya

Iklan