iklan

Iklan

iklan

terkini

Sosialisasi Transformasi Dana Bergulir Masyarakat Eks PNPM-MPd Menjadi BUMDesa Tingkat Kecamatan di Kab. Brebes

21/06/2022, 20:38 WIB Last Updated 2022-06-21T13:38:36Z

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Kegiatan sosialisasi tranformasi Program Nasional Pemberdayaan Masyatakat - Mandiri Pedesaan (PNPM-MPd) menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) bersama, tingkat kecamatan se-Brebes selatan yang meliputi Bumiayu, Paguyangan, Sirampog, Tonjong, Bantarkawung dan Salem bertempat di Aula Eks Pendopo Kawedanan Bumiayu, Kabupaten Brebes pada Selasa, 21 Juni 2022.

Transformasi PNPM-MPd ke BUMDes bersama merupakan wujud dari implementasi Peraturan Mentri Desa (Permendesa) Desa Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 15 tahun 2021 Tentang Tata Cara Pembentukan Pengelolaan Dana Bergulir Masyarakat (DBM). Sebagai langkah pemerintah dalam pengelolaan keuangan DBM guna pembangunan desa yang berkelanjutan menuju desa mandiri dan maju.

Pembetukan pengelola kegiatannya sendiri harus melalui tahapan serta mengedepankan prinsip-prinsip diantaranya; berkelanjutan, kepemilikan bersama masyarakat, partisipasif dan demokratis, sederhana, berpihak dan melindungi, keterbukaan dan kemandirian, kesetiakawanan sosial, kekeluargaan dan gotong-royong serta terkendali dan seimbang.

Pengelola kegiatan DBM menjadi Bumdesa bersama merupakan pengalihan seluruh rangkaian atau jalinan pelaku serta aturan dan mekanisme yang meliputi; aset eks DBM, kelembagaan, porsenil, pelaku, organisasi pengelola kegiatan, serta kegiatan dan usaha lainya dari DBM eks PNPM-MPd.

Kelembagaan Bumdesa bersama yang dimaksud nantinya harus mengetahui mekanisme, meliputi tata aturan pengelolaan kegiatan seperti petunjuk teknis oprasional dan standar oprasional prosedur.

Mekanisme pengambilan keputusan di desa dan kerja sama antar desa dengan melalui Musyawarah Desa (Musdes) dan musyawarah antar desa, pemerintah desa dan kecamatan serta dengan delegasi tokoh masyarakat, wakil kelompok penerima manfaat dan rumah tangga miskin desa.

Imron Rosyadi Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Brebes menjelaskan aset Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Kabupaten Brebes mencapai 100 miliar lebih dan terbesar anggaranya ialah di Brebes bagian selatan. " Untuk itu ini sebuah peluang besar bagi desa bilamana Bumdesnya mampu untuk mengelolanya," tegasnya.

Imron beharap setelah pertemuan sosialisasi tersebut para kepala desa secepatnya untuk mengadakan musdes, sehingga secepatnya untuk mempersiapkan langkah di desanya agar segera melakukan tranformasi PNPM ke Bumdes Bersamanya.

"Monggo saya harap setelah pertemuan ini untuk sesegera melakukan musdes dan segera menybut baik program transformasi PNPM ke Bumdes Bersama," ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi transformasi dihadiri oleh Kabid Dinpermades Brebes Hj. Sariah, serta Para Camat, Kasi PMD, Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Masyarakat dan Pendamping Desa se-Brebes selatan. (yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sosialisasi Transformasi Dana Bergulir Masyarakat Eks PNPM-MPd Menjadi BUMDesa Tingkat Kecamatan di Kab. Brebes

Terkini Lainnya

Iklan