iklan

Iklan

iklan

terkini

Sosialisasi Desa Siaga KIBBL

08/06/2022, 15:40 WIB Last Updated 2022-06-08T08:40:02Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Sosialisasi Desa Siaga Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBL) di Kecamatan Tanjung  dan Kecamatan Losari, Rabu (08/06/2022).

Hadir pada acara sosialisasi Akhmad Ma'mun Staf Ahli Bupati Bidang  Kesra mewakili Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti.

Hadir juga sekaligus sebagai Nara sumber di Kecamatan Tanjung Kepala Bidang Kesmas Dinkes dr. Rudi Pangarsaning Utami M.Kes, PLT Camat Tanjung  Akhmad Rohmani,  H. Akhmad Rumono dari Yayasan  Esa unggul Kab. Brebes.

Sedangkan dari Kecamatan Losari hadir Plt. Camat Losari Sumarno, Kapolsek Losari AKP Umi Antum Kapus (Kepala Puskesmas) Bojongsari dr. Sugiyantoro,  Kapus Kecipir dr. Liliana Kapus Losari dr. Yunitri Renaningtyas 

Atas nama Bupati Brebes Idza Priyanti, Akhmad Ma'mun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dan seluruh pihak yang terkait atas terselenggaranya sosialisasi "Desa Siaga KIBBL" sebagai upaya agar masyarakat terutama pemerintah desa  memiliki kesiapsiagaan sumber daya dan kemampuan dalam mencegah dan menangani permasalahan kegawatdaruratan kesehatan ibu hamil, ibu bersalin, ibu nifas dan bayi baru lahir.

" Kegiatan ini sama sama kita harapkan dapat menggerakkan stakeholder desa untuk dapat mengenali mencegah dan mengatasi permasalahan kegawatdaruratan kesehatan ibu hamil, ibu nifas  dan bayi baru lahir yang dihadapi secara kolektif kolaboratif dan terbuka sehingga derajat kesehatan warga meningkat," kata Akhmad mewakili bupati.

Upaya untuk memperbaiki kesehatan ibu dan bayi baru lahir telah menjadi prioritas utama dari pemerintah.AKI dan  AKB merupakan salah satu indikator utama derajat kesehatan suatu negara.

" AKI dan  AKB juga mengindikasikan kemampuan dan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan kualitas pendidikan dan pengetahuan masyarakat kualitas kesehatan lingkungan sosial budaya serta hambatan  dalam memperoleh akses terhadap pelayanan kesehatan," ujarnya.

Bila hal tersebut tidak terus diperhatikan dan ditangani dengan serius  keadaan ini tentu saja sangat menghawatirkan dan jika tidak segera dilakukan  upaya penanganan serentak dari semua pihak dalam upaya penyelamatan ibu dan bayi baru lahir angka AKI dan AKB bisa saja bertambah Lagi.

Kepala Bidang Kesmas Dinkes dr. Rudi Pangarsaning Utami, M.Kes dalam paparannya  mengatakan, "Desa Siaga KIBBL" sebagai respon Pemerintah Kab. Brebes terhadap masalah kesehatan ibu dan anak yang tak kunjung selesai terutama untuk menekan angka kematian ibu, bayi dan stunting yang masih cukup tinggi di Kabupaten Brebes.

" Desa Siaga KIBBL" menjadi kegiatan dari oleh dan untuk masyarakat atas dasar kemampuan dan kemauan masyarakat  atau dengan kata lain keberadaan desa siaga KIBBL berperan strategis dalam mempercepat terwujudnya masyarakat desa yang peduli, tanggap dan mampu mengenali mencegah serta mengatasi masalah kesehatan Ibu dan Anak secara dini. 

Sosialisasi "Desa Siaga KIBBL" di 17 kecamatan ini terlaksana berkat komitment kuat dari bupati, Dinkes beserta jajarannya dan OPD terkait, para camat dan para Kades (Kepala Desa) beserta masyarakat yang akan menjadi Tim Penggerak Desa Siaga KIBBL. 

" Juga peran serta swasta dari Bank Jateng melalu CSR-nya," kata dr. Rudi.

Setelah kegiatan sosialisasi di tingkat kecamatan akan ditindaklanjuti dengan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di desa masing-masing, berupa sosialisasi di tingkat desa, peningkatan kapasitas tim penggerak, pendataan,  pendampingan Bumil (Ibu hamil-red) dan monitoring. (Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Sosialisasi Desa Siaga KIBBL

Terkini Lainnya

Iklan