iklan

Iklan

iklan

terkini

Perumda Air Minum Tirta Mulia Launcing Sistem Pembayaran Air Minum Prabayar

07/06/2022, 13:27 WIB Last Updated 2022-06-07T09:26:15Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Perusahaan Air Minum Daerah (Perumda) Tirta Mulia launcing sistem pembayaran air minum prabayar, di Kantor Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang pada Selasa, 7 Juni 2022.

Pembayaran sistem prabayar salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang. Pembayaran prabayar salah satu inovasi Perumda Tirta Mulia Pemalang untuk mengikuti perkembangan teknologi yang ada dibidang air minum. 

Hadir dalam acara tersebut wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat, didampingi Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang H. Slamet Efendi beserta jajaran Forkompinda Kabupaten Pemalang, pimpinan seluruh Perusda Kabupaten Pemalang, Direktur PDAM/PERUMDAM Se-Jawa Tengah dan luar Jawa Tengah serta tamu undangan lainnya. 

Direktur utama Perumda Tirta Mulia Kabupaten Pemalang Slamet Efendi mengatakan, program ini salah satu inovasi yang dilakukan pada pertengahan Tahun 2022 yaitu dengan meluncurkan sistem pembayaran air minum prabayar. 

"Sistem pembayaran air minum prabayar adalah layanan bagi pelanggan Perumda Air Minum  Kabupaten Pemalang dengan menggunakan meter air digital yang memungkinkan, pelanggan untuk mengendalikan sendiri pemakaian airnya sesuai kebutuhan dan kemampuannya dengan melakukan pembayaran atau pembelian token diawal," kata Slamet Efendi seusai acara.

Menurutnya pada sistem pembayaran air minum prabayar, pelanggan terlebih dahulu harus membeli token isi ulang untuk mendapatkan air dengan jumlah kubikasi tertentu. Adapun nilai nominal token yang tersedia saat ini adalah Rp. 50.000 dan Rp.100.000. 

"Token isi ulang air minum, telah tersedia di kantor pelayanan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang dan mitra-mitra pembayaran yang bekerjasama dengan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang," tuturnya.

Disamping itu sistem pembayaran air minum prabayar diharapkan menjadi salah satu solusi bagi PDAM/PERUMDAM di Indonesia untuk mengatasi permasalahan tunggakan, menghindari pemutusan sambungan, serta mencegah terjadinya benturan antara pelanggan dengan petugas penagihan dan petugas pemutusan sambungan.

Pada masa uji coba, lanjut dia, meter air digital prabayar telah terpasang pada beberapa pelanggan disalah satu kawasan perumahan di kota Pemalang. "Kedepan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang akan melakukan pemasangan meter air digital prabayar pada unit-unit baru di kawasan perumahan," lanjutnya.

Slamet Efendi berharap dengan menjadi yang pertama di Indonesia dalam menerapkan sistem pembayaran air minum prabayar, Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang menjadi semakin maju dan semakin profesional dalam melayani kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Pemalang.

Pada kesempatan itu, wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pemalang mengapresiasi dan memberi penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan segenap jajaran Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang yang telah melakukan langkah inovasi yang dapat memudahkan masyarakat Kabupaten Pemalang.

Seperti diketahui bersama, untuk
memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin bervariasi, diperlukan sebuah
langkah yang inovatif. Untuk itu Perumda Air Minum Tirta Mulia melakukan inovasi yang mengikuti perkembangan teknolologi dengan menerapkan sistem pembayaran air minum prabayar.

"Untuk Sistem pembayaran air minum prabayar ini menggunakan meteran air digital yang memungkinkan pelanggan
mengendalikan pemakaian airnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya, seperti pembayaran listrik prabayar," pungkasnya.

Penulis : Sasongko 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perumda Air Minum Tirta Mulia Launcing Sistem Pembayaran Air Minum Prabayar

Terkini Lainnya

Iklan