iklan

Cloud Hosting Indonesia

Iklan

iklan

terkini

Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Kalimi : Desa Kaligiri Salah Satu Rintisan Desa Siaga KIBBL

14/06/2022, 20:43 WIB Last Updated 2022-06-14T13:43:37Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Bertepatan dengan peringatan hari donor darah sedunia Pemeritah Desa (Pemdes) Kaligiri, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes menggelar acara penggalangan donor darah oleh PMI Brebes, Unit Daerah (UD) Bumiayu, bertempat di aula balai desa setempat pada Selasa, 14 Juni 2022.

Kepala seksi (Kasi) pemerintahan Desa Kaligiri Kalimi menjelaskan, kegiatan donor darah di desanya sudah rutin digelar setiap 3 bulan sekali dari tahun 2015, dirinya juga berencana untuk menjadikan Desa Kaligiri menjadi rintisan desa siaga Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir (KIBBL), menurutnya salah satu penyebab KIB 40% akibat pendarahan, untuk itu perlunya pendapingan yang intens terhadap ibu hamil.

"Dengan ketersediaan darah, 1 Ibu hamil dapat didampingi 4 pendonor yang memiliki golongan darah sama, sehinga dapat mengantisipasi resiko Kematian Ibu dan Bayi (KIB) yang diakibatkan pendarahan hebat saat melahirkan," terangnya.

Dengan melakukan kordinasi lintas sektor dirinya berharap adanya advokasi bagi Ibu hamil sehingga tercipta komunikasi apik antara pemerintah, tim kesehatan serta PMI dalam mensukseskan program desa siaga KIBBL.

Kalimi memaparkan, kegiatan donor darah kali ini mengalami penurunan perolehan, setelah sebelumya 3 bulan yang lalu di bulan Februari pihaknya memperoleh 45 kantung darah, namun dikegiatan donor darah kali ini dirinya dan tim hanya memperoleh 27 kantong darah, dari jumlah peserta yang mendaftar sekitar 39 orang. 12 orang lainya terkendala kesehatan sepeti telah mengkonsumsi obat, habis dirawat dan Hb nya rendah.

"27 kantung darah dapat terkumpul hari ini dari jumlah peserta yang mendaftar sekitar 39 orang, akan tetapi mengalami penurunan perolehan dibanding 3 bulan lalu," jelas Kalimi selaku koordinator kegiatan.

"Semoga kegiatan donor darah rutin di Desa Kaligiri dapat diikuti oleh desa-desa lainya, sehingga program desa siaga KIBBL di Kabupaten Brebes dapat sukses dalam menekan angka KIB dan KIA salah satunya dengan ketersediaan darah/pendonor bila sewaktu- waktu dibutuhkan saat ibu hamil akan melahirkan," pungkasnya.(yayan).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Kalimi : Desa Kaligiri Salah Satu Rintisan Desa Siaga KIBBL

Terkini Lainnya

Iklan