iklan

Iklan

iklan

terkini

Pemdes Karangtengah Melaksanakan Penjaringan Perangkat Desa. Ini Dua Nama Peraih Nilai Tertinggi.

30/06/2022, 22:57 WIB Last Updated 2022-06-30T18:13:48Z

EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Sebanyak 18 orang mengikuti kegiatan tes tertulis dalam proses penjaringan pengangkatan perangkat Desa Karangtengah Kecamatan Ampelgading bertempat di Pendopo balai desa setempat, Kamis (30 Juni 2022).

18 orang tersebut terdiri dari 11 orang pada pengisian kekosongan formasi jabatan Kepala Dusun (Kadus) 2 dan 7 orang pada pengisian kekosongan formasi jabatan Kaur Keuangan. Dalam kegiatan seleksi tes tertulis ini, mereka mengerjakan 100 soal dalam durasi 2 jam.

Ketua panitia penjaringan pengangkatan perangkat Desa Karangtengah, Budi Narno mengatakan kegiatan penjaringan pengangkatan perangkat Desa Karangtengah dilaksanakan sejak Mei lalu. Awalnya diikuti 14 orang pada formasi jabatan Kadus 2 dan 11 orang pada formasi jabatan Kaur Keuangan.

Setelah dilaksanakan sejumlah tahapan penyeleksian akhirnya terjaring 18 orang. Mereka selanjutnya melaksanakan kegiatan tes tertulis yang menjadi puncak serangkaian tahapan penyeleksian pengangkatan perangkat desa tersebut. 

Budi menjelaskan dalam tes tertulis ini, peserta diberikan materi soal meliputi tentang kebangsaan, UUD 1945, pancasila, pemerintahan dan pengetahuan umum.

"Kalau soal sudah ditentukan berdasarkan Perdes (Peraturan Desa)," terangnya.

Kegiatan seleksi tes tertulis menghadirkan lima orang sebagai tim penguji yang semuanya dari tenaga pendidik. Awalnya, panitia menghadirkan enam orang. Lalu keenam orang itu diundi untuk membuat materi soal. Namun dari 6 orang itu, hanya 5 orang yang membuat materi soal.

"Karena untuk menguji mereka itu, lima materi itu harus lima orang," tukasnya.

Budi menambahkan berbagai upaya juga dilakukan guna mengantisipasi terjadinya kecurangan dalam kegiatan tes tertulis. Yaitu dengan mengkarantina para pembuat naskah soal. Termasuk merahasiakan identitas mereka. Bahkan pihak panitia juga tidak mengetahui identitas para pembuat naskah soal. Sebab, kata dia, itu sudah menjadi urusan seksi penilaian.

Adapun dari pelaksanaan tes tertulis ini diperoleh dua orang peserta dengan jumlah nilai tertinggi. Yaitu atas nama Karnoto pada formasi jabatan Kadus 2 dengan nilai 81 dan Aria Rachmawati pada formasi jabatan Kaur Keuangan dengan nilai 82.

Mendapat nilai tertinggi, Karnoto tidak begitu terkejut dan mengaku biasa-biasa saja. Keikutsertaannya dalam kegiatan penjaringan pengangkatan perangkat desa ini untuk kedua kalinya. Sebelumnya ia pernah mengikuti kegiatan penjaringan di Desa Sidokare Kecamatan Ampelgading.

Pria asal Desa Pegundan Kecamatan Petarukan ini sangat bersyukur memperoleh nilai tertinggi dalam pelaksanaan kegiatan penjaringan di Desa Karangtengah. Menurutnya, ini adalah sebuah rezeki dari Tuhan. Ia pun akan segera berpindah domisili di Desa Karangtengah setelah resmi menjabat sebagai Kadus 2.

Penulis : Yanto
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemdes Karangtengah Melaksanakan Penjaringan Perangkat Desa. Ini Dua Nama Peraih Nilai Tertinggi.

Terkini Lainnya

Iklan