Scroll ke Atas
Pendidikan

Menkop UKM RI : Tahun 2045, Indonesia Menjadi Negara Besar Dunia

37
×

Menkop UKM RI : Tahun 2045, Indonesia Menjadi Negara Besar Dunia

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Bangsa Indonesia pada 2045 bakal menjadi negara besar. Keberhasilan tersebut, dikarenakan generasi mudanya memilih menjadi enterpreneur dari pada menjadi Pegawai Negeri. 
Hal tersebut disampaikan
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) RI Teten Masduki saat mengisi Kuliah Umum dan Dialog Kewirausahaan di Kampus Universitas Peradaban Bumiayu (UPB) Brebes, Sabtu (4/6/2022) kemarin.
Dikatakan Teten sebuah survey menyebutkan lebih dari 70 persen anak muda Indonesia lebih memilih menjadi pebisnis ketimbang pegawai bahkan, pada 2045 mendatang, Indonesia diprediksi secara riset ilmiah bakal menjadi empat negara besar di dunia, bersama AS, China, dan India.
Menurut Teten sangat tepat bila sebuah universitas menerapkan kampus berbasis enterpreneur dan riset. Sehingga, mampu melahirkan wirausahawan-wirausahawan muda mapan dari dunia kampus dan untuk menjadi negara maju harus ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya pembangunan kualitas SDM. Seluruh perguruan tinggi di Indonesia harus berstandar internasional.
“Kita jangan ketinggalan dalam hal riset di segala sektor dan saya berharap mahasiswa memanfaatkan ponsel pintar untuk mengakses ilmu sebanyak-banyaknya di dunia internet,” tuturnya.
Selain sysrat itu juga adanya pembangunan infrastruktur yang menghubungkan wilayah dan pulau dengan mudah dan cepat, termasuk infrastruktur internet. Syarat lainnya, adalah minimum rasio kewirausahaan berada di level 4 persen, sedangkan Indonesia masih di level 3,18 persen. Sementara Singapura sudah 8,6 persen, Malaysia dan Thailand sudah di atas 5 persen. Kemudian AS dan Prancis sudah ada di kisaran 10–12 persen.
“Kami sudah menggulirkan aneka program kewirausahaan dengan target mencetak 1 juta wirausaha baru, muda, dan mapan. Salah satunya, melalui program inkubasi di kampus-kampus,” ujarnya.
Teten mengajak seluruh kampus di Indonesia untuk menyiapkan lulusannya menjadi wirausahawan, bukan pegawai dengan cara mengubah pola pikir mahasiswa, dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. 
“Dengan begitu, target rasio kewirausahaan 4 persen bisa tercapai,” katanya.
Lanjut Teten pihaknya meminta kualitas inkubator bisnis di kampus-kampus, termasuk UPB, terus ditingkatkan. Bahkan, inkubator bisnis di kampus sudah harus terhubung dengan sumber pembiayaan. Salah satunya, melalui koperasi kampus atau mahasiswa.
Tak hanya itu, Teten juga mengajak para wirausahawan muda untuk masuk ke dalam ekosistem digital. “Mulai serius menggarap bisnis dengan model bisnis yang jelas agar banyak investor yang melirik,” tutupnya
Sementara Rektor UPB Muhammad Kadarisman, menjelaskan UPB didirikan mantan Mendikbud Yahya Muhaimin pada 2014. Kampus ini memiliki tekad menuju Entrepereneur Based University hingga 2030 dan akan dipadukan dengan based research.
Dikatakan  Kadarisman, pihaknya memiliki 15 binaan UMKM yang ada di Brebes, Purwokerto, dan Purbalingga.
“Mereka akan kita dorong agar lebih produktif berkualitas hingga ke kancah nasional dan untuk memperkuat pembinaan UMKM, UPB sudah memiliki dan.mendiri koperasi sebagai wadah mahasiswa untuk mengenal dan menjadi wirausahawan – (imam)

Baca Juga :  Plt Bupati Pemalang Beri Perhatian Khusus Dunia Pendidikan