Scroll ke Atas
Berita Utama

Kamabicab : Pramuka Harus Bisa Dinamis dan Gunakan Teknologi Informasi

48
×

Kamabicab : Pramuka Harus Bisa Dinamis dan Gunakan Teknologi Informasi

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) 11.29 Brebes melalui anggota Mabicab Khaerul Abidin mengajak Pramuka untuk selalu bergerak dinamis. Lakukan inovasi yang penuh kecakapan dan tantangan dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sehingga lebih menarik dan mengikuti perkembangan jaman.
Hal tersebut disampaikan Khaerul Abidin yang juga Asisten Sekda bidang Pemerintahan saat menyambut tim penilai Lomba Kwarcab tingkat Provinsi Jawa Tengah di Sanggar Pramuka Brebes, Sabtu (11/6/2022).
Abidin mengatakan ketika ada perubahan teknologi informasi maka materi kepramukaan seperti Sandi, Morse dan Semaphore bisa dimodifikasi dan dilengkapi dengan ketrampilan mengolah teknologi informasi. Seperti halnya ketrampilan mengelola website, youtube, blog, dan media sosial lainnya. Kalau memungkinkan adalah kemampuan untuk melakukan kriptografi atau teknik menyampaikan pesan secara tersembunyi dengan memanfaatkan fitur enkripsi data.
“Gunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sarana untuk menggiatkan pramuka di berbagai bidang,” katanya.
Abidin mengatakan, seiring perkembangan zaman, lanjutnya, kebutuhan generasi muda dan masyarakat sedikit banyak juga berubah. Tali temali dan baris berbaris sebagai salah satu ketrampilan anggota pramuka, juga perlu ditambah bekal ketrampilan memanajemen dan kewirausahaan.
Lanjut Abidin di Kwartir Cabang Brebes, terbukti telah berusaha untuk membenahi dan melakukan upaya profesional dalam menggiatkan pramuka di wilayah Kabupaten Brebes. 
“Dengan adanya penilaian Lomba Kwartir, pihaknya berharap makin meningkatkan kinerja dan pembaharuan inovasi demi kemajuan kwarcab di masa mendatang,” tuturnya.
Sementara Ketua Tim Penilai Taufiq Rahmadi menjelaskan, penilaian Lomba Kwartir sebagai ajang untuk meningkatkan pembinaan yang dilakukan Kwartir Daerah Jateng setiap 2 tahun sekali. Kwartir Cabang Brebes masuk dalam kategori Kwarcab Madya dengan penilaian melalui dua tahap. Tahap pertama berupa merefleksikan dan pengisian lembar isian portofolio dari berbagai kegiatan. Sedangkan penilaian tahap kedua berupa kunjungan on the spot ke kwarcab untuk mencocokan antara potret laporan dengan kenyataan kegiatan di lapangan. 
Taufiq yang juga Andalan Daerah bidang Organisasi dan Hukum Kwarda Jateng mengatakan, ada 7 bidang yang dinilai. Yakni bidang Satuan Komunitas, Sarana Prasarana, Abdimas, Humas, Organisasi Hukum dan Keuangan serta Bina Muda terang Taufik
Taufiq berharap, dengan saling melengkapi dan peningkatan kinerja serta kegiatan di tingkat Kwarcab akan membawa warna baru dan gairah baru dalam mewujudkan anggota Pramuka yang mandiri dan berkarakter haranya – (imam)

Baca Juga :  Babinsa Jayengan Berikan Rasa Aman Pada Ibadah Minggu Pagi