iklan

Iklan

iklan

terkini

Joko Widodo Ajak Masyarakat Membumikan dan Mengaktualisasikan Pancasila

02/06/2022, 11:50 WIB Last Updated 2022-06-02T04:56:07Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak kepada seluruh warga masyarakat Indonesia untuk membumikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Karena Pancasila telah terbukti mempersatukan bangsa dan menjadi landasan yang kokoh bagi Bangsa Indonesia.

Ajakan tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat sambutan memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6/2022).

Jokowi mengatakan, seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Terbukti, berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, Pancasila tetap berdiri kokoh dan menjadikan negara Indonesia kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan Pancasila.

Dalam upacara, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Ende, yakni Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala. Ibu Iriana Jokowi pun tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna Ungu Tua.

Jokowi mengingatkan agar kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya yang diiwujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan. Implementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang kali pertama dilaksanakan di luar Gedung Pancasila itu, bertindak sebagai komandan upacara Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. Kolonel Inf Tunjung Setyabudi. Pembaca naskah Pancasila Ketua MPR Bambang Soesatyo. Pembaca Pembukaan UUD 1945 Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick dan Pembaca Doa Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Upacara yang disiarkan langsung secara virtual juga diikuti Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH di Pendopo Bupati Brebes. Turut serta virtual antara lain Forkopimda, Kepala OPD, Kepala BUMN/BUMD, para ASN juga mengikuti di kantor dan rumah masing-masing.(Agus A /Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Joko Widodo Ajak Masyarakat Membumikan dan Mengaktualisasikan Pancasila

Terkini Lainnya

Iklan