Scroll ke Atas
Berita Utama

Dipicu Turun Hujan Deras Talud Penahan Tebing Setinggi 30 Meter Longsor dan Rumah Warga Nyaris Roboh

37
×

Dipicu Turun Hujan Deras Talud Penahan Tebing Setinggi 30 Meter Longsor dan Rumah Warga Nyaris Roboh

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Bencana alam (Bencal) tanah longsor terjadi Dukuh Rembang RT 01/03 Desa Batursari, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes mengakibatkan rusaknya talud dan pemukiman warga, Minggu (19/6/2022) siang.
Keterangan yang dihimpun menyebutkan insiden terjadi pada Minggu, 19 Juni 2022 sekitar pukul 11.00 wib – 15.00 wib terjadi hujan dengan intensitas ringan-sedang-tinggi yang mengguyur diwilayah kabupaten Brebes bagian selatan yang mengakibatkan terjadinya Longsor talud penahan rumah Yusup (39) warga RT 01/03 dukuh Rembang desa Batursari dengan dimensi panjang 11 meter dan Tinggi 5 meter longsor sehingga menyebabkan kerusakan parah pada dapur dan kamar mandi rumah milik korban namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
Kondisi kelongsoran yang terjadi bangunan yang berada pada tebing yang curam dengan sudut kemiringan ± 70° ketinggian tebing ± 30 meter termasuk drainase lingkungan menjadi faktor utama dan disamping curah hujan yang tinggi.
Satgas PB BPBD Bumiayu Budi Sujatmiko, membenarkan peristiwa bencal tanah longsor yang terjadi di desa Batursari Sirampog telah dilaporkan ke Bupati Brebes. 
Budi mengatakan Satgas PB BPBD melakukan assesment terkait kronologi/dampak kejadian dengan berkordinasi dengan Pemdes Batursari untuk penanganan sementara maupun permanen melalui giat kerja bakti bersama warga masyarakat dan mengefakuasi barang barang milik korban yang masih bisa dipergunakan kembali
Budi menghimbau kepada warga untuk selalu berhati-hati dan waspada apabila beraktifitas baik didalam maupun di luar ruangan rumah mengingat masih musim/peralihan dari Musim penghujan ke musim kemarau dengan cuaca terkadang cukup extrim.
” Kendala kebutuhan yang mendesak adanya potensi Bencal susulan penanganan dari dinas terkait terutama Pemdes Batursari untuk segera membantu perbaikan mengingat posisi bangunan yang sudah menggantung agar tidak bertambah parah,” pungkasnya – (imam)

Baca Juga :  DPR Komitmen Berikan Dukungan Politik Terhadap Transisi Energi