iklan

Iklan

iklan

terkini

Dipicu Guyuran Hujan Deras Talud Penahan Tebing Longsor, Menimpa Dapur Rumah Warga

27/06/2022, 23:55 WIB Last Updated 2022-06-27T16:55:48Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dipicu turun hujan dengan intensitas ringan-tinggi yang mengguyur selama tiga jam (pukul 12.00 - 15.00 WIB) di wilayah Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes dansekitarnya,  mengakibatkan talud penahan tebing, longsor dan menimpa bangunan tembok belakang rumah warga, milik Saman (40) warga RT. 09/03 Dukuh Kedawung, Desa Wanatirta dengan dimensi panjang talud 23 meter dengan ketinggian 2,5 meter longsor menyebabkan rumah korban mengalami kerusakan parah pada dinding dapur sepanjang 9 meter, tinggi 3 meter, Senin (27/6/2022).

Satgas PB BPDB Brebes di Bumiayu yang selalu sigap dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Brebes bagian selatan dengan mendapat laporan dari warga/Sekdes setempat langsung meluncur ke lokasi kejadian guna memberikan penanganan.

Budi Sujatmiko selaku Satgas PB BPBD saat dikonfirmasi hal tersebut membenarkan, kejadian longsornya talud yang menimpa rumah warga selain kondisi curah hujan deras juga drainase lingkungan menjadi faktor utama dan tidak ada korban jiwa/luka dalam kejadian tersebut.

Dalam penanganan bencana ini pihaknya langsung melakukan assesment terkait kronologi dan dampak kejadian dan berkordinasi dengan Pemdes Wanatirta untuk penanganan sementara maupun permanen serta melakukan kerja bakti bersama relawan, masyarakat setempat dan dibantu ormas Pemuda Pancasila Paguyangan guna mengevakuasi material longsor dengan alat seadanya.

"Warga untuk berhati-hati dan memperhatikan kondisi drainase lingkungan mengingat banyak hunian warga yang berada pada lereng-lereng tebing mengingat kondisi saat ini masih musim peralihan dari Musim penghujan ke musim kemarau dengan cuaca terkadang cukup Extrim,"
tandas Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan penanganan dari dinas terkait, terutama Pemdes Wanatirta untuk segera membantu perbaikan mengingat posisi bangunan sudah rusak berat agar tidak menambah parah kondisi bangunan dan tidak membahayakan bagi penghuni rumah. 

Sementara kejadian tersebut telah dilaporkan kepada Pemda Brebes, Kalakhar BPBD Propinsi Jateng dan Kalakhar BPBD Kabupaten Brebes - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Dipicu Guyuran Hujan Deras Talud Penahan Tebing Longsor, Menimpa Dapur Rumah Warga

Terkini Lainnya

Iklan