iklan

Iklan

iklan

terkini

Diduga Keracunan Gas Beracun di Dalam Sumur, Tiga Warga Kutamendala Tak Terselamatkan

10/06/2022, 20:51 WIB Last Updated 2022-06-10T13:55:45Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Warga Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes geger lantaran ada tiga warga desa tersebut terjebur ke dalam sumur. Mereka tidak terselamatkan akibat diduga keracunan gas beracun dari dalam sumur, Jum'at (10/6/2022) pagi.


Peristiwa yang menimpa ketiga korban tersebut terjadi di Dukuh Gadu, Desa Kutamendala pada saat mereka sedang menguras sumur.


Koordinator Tim Damkar (Pemadam Kebakaran) Pos Bumiayu David Romansyah, saat dikonfirmasi mengenai peristiwa itu membenarkan.Menurutnya, ada tiga korban yaitu Wasum (36), Pujianto alias Tris (41) dan Rastum (48).


Dia mengatakan, kronologi kejadian tersebut bermula saat korban bermaksud menguras air sumur dengan mesin pompa air yang diletakkan di tangga di dalam sumur tersebut. Peristiwa terjadi di sumur milik korban, Wasum.

 

 
“Wasum dan Tris bisa dievakuasi sama warga dan dilarikan ke puskesmas terdekat, Korban yang terakhir saudara Rastum dievakuasi rescue dari tim Damkar,” kata David Romansyah.


Sedangkan proses evakuasi dilakukan bersama oleh Tim Damkar Pos Bumiayu, Relawan BPPD Brebes, Polsek dan Koramil Tonjong, serta warga sekitar.


Sementara itu, menurut keterangan yang diberikan Heri Kiswanto (34) dapat disampaikan bahwa peristiwa tersebut berawal saat ketiga korban hendak mengambil bangkai kucing dengan cara menguras sumur dengan mesin pompa air. 


“Mesin dan tangga di dalam sumur,” kata Heri.


Heri menceritakan, sekitar pukul 10.00 WIB, Pujianto turun masuk ke dalam sumur untuk menyalakan mesin pompa air. Setelah  mesin hidup, ia kembali naik dan beristirahat bersama rekan-rekannya.

 
“Lalu, Puji turun lagi untuk matiin mesin, namun saat mau naik, Puji nggak kuat malah jatuh ke dalam sumur,” ujar Heri.


Ia mengungkapkan, saat dirinya meminta bantuan warga, Wasum turun ke dalam sumur sendirian bermaksud menolong Pujianto. Wasum dapat mengangkat mesin pompa air. Namun, Naas dirinya tidak dapat naik dan ikut terjebur.


Sementara, Tarono (61) yang saat itu berada di lokasi, juga menuturkan bahwa, Rastum kemudian masuk ke dalam sumur guna mengevakuasi dua rekannya, dibantu warga yang bersiaga di samping sumur. Dua korban dapat di evakuasi dan dilarikan ke Puskesmas Kutamendala, Kecamatan Tonjong.


Sedangkan Rastum usai menolong kedua rekannya, Ia berusaha mengikatkan tali dibadannya agar dapat ditarik warga yang telah bersiaga di atasnya. Nasib buruk menimpanya, diduga akibat menghirup gas beracun, ia tak sadarkan diri di dalam sumur.


“Rastum pingsan, tali yang dibadannya lama-lama lepas,” terangnya.(Munawir)


Editor : Oji

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diduga Keracunan Gas Beracun di Dalam Sumur, Tiga Warga Kutamendala Tak Terselamatkan

Terkini Lainnya

Iklan