iklan

Cloud Hosting Indonesia

Iklan

iklan

terkini

Bupati Pemalang Buka Pelatihan Admin IT

13/06/2022, 22:35 WIB Last Updated 2022-06-13T15:35:59Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (Dispermades) Kabupaten Pemalang mengadakan pelatihan atau Bimbingan Teknis ( Bimtek) kepada petugas admin IT (Informasi Teknologi) kecamatan se-Kabupaten Pemalang.Bimtek tersebut bertempat di kantor Pusat Pengembangan Informatika dan Desa (PUSPINDES) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Senin, 13 Juni 2022.

Bimtek dibuka langsung oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo. Ia menyampaikan, Bimtek IT tingkat kecamatan tersebut dalam rangka menunjang program desa digital.

" Bimtek pemanfaatan data Sistem Informasi Desa dan Kawasan Pemalang ( Sidekem ) di tingkat kecamatan dalam upaya menunjang program Desa Digital," kata Agung, panggilan akrabnya saat memberikan kata sambutan.

Menurut Agung, itu merupakan langkah dalam pembagian tugas dan fungsi pengelolaan Desa Digital, khususnya di tingkat kecamatan, peran pengelola di tingkat kecamatan untuk dapat menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan peran pemerintah kecamatan dalam pelaksanaan, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan administrasi desa.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga berharap pengelolaa IT di tingkat Kecamatan (admin kecamatan) mampu melakukan pendampingan pembinaan dan pengawasan peningkatan kapasitas SDM di desa, memiliki kewenangan langsung dalam pendampingan desa dalam proses digitalisasi data desa melalui Sidekem, serta mampu untuk meyakinkan desa akan pentingnya kebutuhan data yang terdigitalisasi dalam proses perencanaan pembangunan desa.

Pengelola di tingkat kecamatan juga diharapkan mampu melakukan bimbingan serta pengawasan terhadap para admin desa untuk tetap selalu memberikan perkembangan dari data desa melalui aplikasi Sidekem. Admin kecamatan juga diharapkan mampu memberikan informasi baik melalui website kecamatan, maupun media sosial kecamatan.

" Akhir tahun ini saya harapkan akan ada evaluasi terhadap desa-desa di Kabupaten Pemalang dan penilaian desa se - Kecamatan oleh admin kecamatan dalam rangka menuju desa digital dan untuk indikatornya saya serahkan kepada rekan-rekan di Puspindes, berani bapak ibu ?" tandasnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Agung mengatakan, dengan adanya desa dan kecamatan sudah menggunakan digitalisasi data maka akan tercipta sinergi.

" Kedepan akan menjadi lebih baik lagi lebih maju, Pemalang AMAN (Adil Makmur Agamis Dan Ngangeni )," pungkas Mukti Agung Wibowo.

Ditempat yang sama, Kepala Dispermades Kabupaten Pemalang Suhirman, ketika diwawancarai mengatakan, kegiatan itu dalam rangka upaya persiapan tahun 2023 secara real bisa melaksanakan "Desa Digital" dan persiapan inilah salah satu tahapan admin yang akan mengelola informasi desa.

" Harapannya nanti admin kecamatan akan mampu mendampingi admin IT tingkat desa sekaligus mengevaluasi pelaksanaan Desa Digital," ungkap Suhirman.

Lebih lanjut Suhirman menjelaskan, materi pelatihan terkait dengan situs Sidekem, yang fiturnya beragam.Ia masih koordinasikan dengan Kominfo kabupaten.

" Kami koordinasikan dengan Kominfo Kabupaten Pemalang untuk dilakukan update, sehingga harapan kami pada tahun 2023 semuanya sudah online dan terintegrasi dengan dinas-dinas yang lain sehingga dengan satu klik masyarakat akan tahu data apa yang dibutuhkan," tutup Suhirman.(Jl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Pemalang Buka Pelatihan Admin IT

Terkini Lainnya

Iklan