iklan

Iklan

iklan

terkini

BPBD Brebes Atasi Penyebaran PKM di Pasar Hewan Bumiayu Dengan Pemyemprotan Disinfektan

07/06/2022, 23:33 WIB Last Updated 2022-06-07T16:33:47Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Dalam mengantipasi pencegahan  penyebaran Penyakit Mulut  dan Kuku (PMK) pada hewan ternak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes melakukan penyeptoran cairan disinfektan di lokasi pasar hewan Bumiayu, Selasa (7/6/2022).

Tampak penyemprotan tersebut dilakukan sebelum dan sesudah aktifitas pasar hewan Bumiayu guna ikut dalam upaya pencegahan  penyebaran PMK di Kabupaten Brebes.

Satgas Penanggulangan Bencana (PB) BPBD Pos Bumiayu Budi Sujatmiko mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan tersebut telah sesuai dengan arahan dari Kalaksar BPBD Brebes.

" Dalam rangka membantu Dinas Peternakan Kabupaten Brebes untuk upaya memusnahkan PMK," katanya.

Penyemrotan dilakukan mulai dari gerbang masuk, area penambatan hewan, sampai dengan warung-warung yang ada dilokasi pasar hewan Bumiayu yang merupakan  salah satu pasar hewan di Brebes bagian Selatan ini ditutup selama 4 pasaran wage dan penutupan tersebut berlaku untuk hewan besar seperti sapi dan kerbau.

Sementara Kepala Pengelola Pasar hewan Bumiayu Priyo mengatakan untuk sementara aktivitas pasar hewan ini hanya dibuka dan diperbolehkan untuk aktivitas fan transaksi jual beli domba dan kambing saja.

" Namun, hanya untuk aktivitas pedagang lokal saja yang boleh masuk dan meskipun ditutup untuk hewan besar, ada juga pedagang sapi maupun kerbau yang masuk. Kami tolak, karena pasar ditutup sementara untuk hewan besar, dan hanya domba dan kambing yang diperbolehkan, dengan alasan untuk resiko penyebaran PMK pada kambing dan domba angkanya masih minim/kecil," tuturnya - (dun)

Editor : imam
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BPBD Brebes Atasi Penyebaran PKM di Pasar Hewan Bumiayu Dengan Pemyemprotan Disinfektan

Terkini Lainnya

Iklan