Scroll ke Atas
Berita Utama

Akibat Sampah Yang Menutup Saluran Air Tiga Rumah Warga di Sokawera Tonjong Alami Tergenang Air Hujan

51
×

Akibat Sampah Yang Menutup Saluran Air Tiga Rumah Warga di Sokawera Tonjong Alami Tergenang Air Hujan

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID BREBES – Terjadi bencana alam (Bencal) banjir di dukuh Sokawera RT 01/02 Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes. Yang dipicu akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Kecamatan Tonjong sejak pukul 15.00  – 16.30 WIB, Kamis (16/6/2022) kemarin.
Keterangan yang dihimpun menyebutkan sekitar pukul 15.00 WIB sd 16.30 WIB wilayah Kecamatan Toniong terjadi hujan intensitas tinggi mengakibatkan kondisi saluran air di dukuh Sokawera RT 01/02 mengalami meluap mencapai setinggi 1 meter 
Selain meluapnya air hujan juga kondisi saluran air yang mampet karena sampah sehingga air meluap masuk ke pemukiman warga.
Kepala Desa (Kades) Tonjong Syamsudin membenarkan dan prihatin terjadinya luapan air hujan yang masuk kedalam pemukiman warga itu akibat terdapat sampah yang menutupi saluran air tersebut.
“Kami kerap kali maupun berkali kali menghimbau kepada warga disekitar saluran air agar bisa menjaga dan memeliharanya dan membuang sampah harus pada tempatnya jangan membuang sampah di lokasi saluran air tersebut sehinhga tidak terjadi luapan air maupun banjir” tuturnya.
Sementara luapan air yang terjadi dengan menggenangi pemukiman warga setinggi 30 -50 centimeter diantaranya pemukiman warga milik Siti Khalimah(50), Sunarto (77) dan Sutriyanto (70) dan dalam penangan tersebut dilakukan anggota TNI Koramil Tonjong dan tim relawan BPBD wilayah Bumiayu dengan membuat saluran pembuangan darurat guna genangan air ssgera surut – (imam)

Baca Juga :  Giat Patroli Polsek Ketanggungan Berhasil Gagalkan Aksi Tawuran dan Amankan 5 Pemuda Bawa Sajam