Scroll ke Atas
Berita Utama

PKL, Pemilik Warung dan Nelayan di Brebes Kembali Terima Bantuan Tunai

38
×

PKL, Pemilik Warung dan Nelayan di Brebes Kembali Terima Bantuan Tunai

Sebarkan artikel ini

EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Sebanyak 25 ribu warga Kabupaten Brebes Jawa Tengah yang meliputi pedagang kaki lima, pemilik warung, dan nelayan, kembali menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) pemerintah berupa uang tunai sebesar Rp. 300 ribu untuk membeli minyak goreng.

Bantuan ini merupakan rapel selama 3 bulan (Maret, April, dan Mei), dengan sasaran 25 ribu pedagang kaki lima, pemilik warung, dan nelayan yang terdampak ekonomi pandemi covid-19, dimana masih disalurkan melalui kodim setempat, Kodim 0713 Brebes.

Disampaikan Dandim Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan melalui Kapten Infanteri Surikan (Pasiter), bantuan tersebut merupakan lanjutan dari bantuan tahap pertama yaitu uang tunai sebesar Rp. 600 ribu pada April 2022 lalu.

 

“Hari ini mulai disalurkan bagi para pedagang kaki lima, pemilik warung, dan nelayan di wilayah Kecamatan Songgom di Koramil 17 Songgom kepada 650 orang penerima manfaat,” terangnya, Rabu (18/5/2022).

Adapun teknis penyaluran dilakukan secara bertahap selama 8 hari dan tersebar di masing-masing koramil, dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat serta menghindari kerumunan saat pelaksanaan pembagian BLT jika hanya dipusatkan di Makodim.

Baca Juga :  Asrenum Panglima TNI : Fungsi Litbang di Lingkungan TNI Upaya Tingkatkan Pembinaan Terhadap SDM

BTPKLWN (Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima, Warung, dan Nelayan) ini juga agar para pelaku ekonomi kerakyatan selaku penerima manfaatnya itu dapat terus bertahan di masa pandemi tahun 2022 ini, kemudian juga diharapkan juga mampu bertahan dan bahkan berkembang di tahun depan.

“Bantuan ini merupakan upaya pemulihan ekonomi nasional dampak pandemi. Untuk penyaluran melalui TNI dimaksudkan agar bisa cepat diterima dan tepat sasaran karena pendataan melibatkan Babinsa dan perangkat desa setempat,” sambungnya.

Tak hanya itu saja, Kodim juga melibatkan petugas dari Dinas Sosial Brebes agar tidak terjadi terjadi duplikasi dari para penerima bantuan sebelumnya.

“Kita harapkan dengan bantuan yang diberikan bisa membantu meringankan beban masyarakat pelaku ekonomi kecil, akibat kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng di pasaran kemarin,” tandasnya.

Surikan menambahkan, untuk jadwal besok (19/5) dilaksanakan di Koramil 01 Brebes, 02 Jatibarang, dan Koramil 08 Bumiayu. (Aan/*)