iklan

Cloud Hosting Indonesia

Iklan

iklan

terkini

Pasar Jadul Langgeng di Situs Purbakala Semedo

22/05/2022, 11:28 WIB Last Updated 2022-05-22T04:28:55Z
EMSATUNEWS.CO.ID, TEGAL - Pengurus Pasar Langgeng  Purbakala Semedo Gondo Kusumo didampingi Babinsa setempat Wahyudi mengatakan bahwa pasar  tersebut tanahnya  milik Perhutani.Hal itu disampaikan Gondo saat EMSATUNEWS.co.id menyambangi pasar tersebut, Minggu (22/5/2022).

" Ini cuma pinjam pakai saja untuk Desa Semedo, dibuka hari Minggu saja," katanya.

Selama pandemi libur dan baru dibuka lagi sebelum Lebaran Idul Fitri tahun 2022  

Lebih lanjut dikatakan Gondo mereka berjualan disini ditrotoar dikarenakan pasar yang sudah disiapkan kalau hujan tanahnya becek seperti sekarang ini  susah dilewati pengunjung jadi bisa mengurangi pembeli.

Pasar Langgeng Purba terletak di belakang Gedung Situs Purbakala Semedo. Gedung ini rencananya  diresmikan 12 /10 /2022 oleh RI 1, Joko Widodo,  saat ini dalam pembenahan dan jalan menuju  situs  sedang diperbaiki.

Warja (79) sebagai tukang parkir di situs purbakala Semedo, penduduk asli Desa Semedo mengatakan disini terdapat juga makam Mbah Putri, siapa itu Mbah putri ? Untuk sementara penulisan masih menjajaki riwayat hidup Almarhumah lewat  ustad Benu juru kunci makam Semedo 

Tarisa (47) mempunyai  4 orang  anak,   berjualan ditemani anaknya Ambarwati (22) 
menjual Kembili tela ubi tales  blendung serta aneka makanan jadul lainnya.

" Saya senang sekali pak dapat berjualan di sekitar  lokasi situs ini bisa menambah pendapatan untuk kebutuhan keluarga," katanya.

Tarisi (43) yang mempunyai 5 orang anak, jualan  di daerah situs ini hanya hari Minggu saja, karena belum resmi dibuka
Tarisi menjual   Angkrik umbi umbian yang  bisa untuk obat lambung. 

" Angkrik banyak yang  pesan pak 1 kg harganya Rp. 20.000  tapi ini yang saya jual dikemas 1/2 kg seharga Rp 10.000 adapun jualan yang lain seperti ganyong  Tales Kembili serta banyak lagi makanan jaman dulu lainnya," ucap Tarisi.
 
Seperti disampaikan warga desa  tetangga   Eli Lutfiyah (40) mengatakan, dengan adanya Situs Purbakala Semedo ia merasa bangga karena Kabupaten Tegal mempunyai situs bertaraf nasional.

" Kami senang dan bangga Kabupaten Tegal mempunyai situs bertaraf Nasional bahkan internasional. Kami bisa berwisata murah meriah  dan mudah dijangkau dari desa kami sekitar 4 km saja,' tuturnya.(Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pasar Jadul Langgeng di Situs Purbakala Semedo

Terkini Lainnya

Iklan