iklan

Iklan

iklan

terkini

Kwarran Losari Tampil Sebagai Peserta Tergiat Umum Dalam Lomba LKS Tingkat Kabupaten Brebes

11/05/2022, 18:53 WIB Last Updated 2022-05-11T11:53:53Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Ratusan Pramuka golongan Siaga beradu ketangkasan dalam Lomba Ketangkasan Siaga (LKS) tingkat Kabupaten Brebes. Mereka belajar sambil bermain setelah vakum tidak ada even serupa selama masa pandemi Covid-19. Kwartir Cabang 11.29 Brebes, menggelar kegiatan tersebut untuk kali pertama bagi Pramuka golongan Siaga, pasca pandemi.  

Ketua Kwarcab 11.29 Brebes H Emastoni Ezam mengatakan  syukur alhamdulillah, kami bisa menggelar LKS pasca pandemi meski masih tetap menerapkan protokol kesehatan, (Prokes)” kata Emastoni usai membuka acara di Sanggar Pramuka setempat, Rabu (11/5/2022).

Dikatakan Emastoni, perkembangan anak didik, baik dalam kecerdasan maupun ketangkasannya bisa diasah secara bersama-sama dalam bentuk permainan yang mendidik, seperti LKS. 

Emastoni mengaku bangga dengan keceriaan anak-anak Siaga yang kembali menikmati kegiatan kepanduan. Mereka kini lepas dalam kepolosan, keceriaan dan membuktikan ketangkasannya meski menghadapi tantangan dan pertanyaan yang diberikan oleh para dewan juri ujarnya

Lanjut Kak Toni panggilan akrabnya, berharap anggota Pramuka Siaga sebagai generasi penerus bangsa bisa terus bersemangat mengasah kemampuan melalui permainan dan pembelajaran yang menyenangkan.tuturnya

Sementara Ketua Panitia Penyeleggara Harsen Purantoko menjelaskan, LKS Kwarcab Brebes yang mengusung tema Sehat, Cerdas, Tanggap, Ceria diikuti 17 Kwartir Ranting se Kabupaten Brebes. Masing-masing ranting mengirimkan 2 barung terbaik putra dan putri dengan anggota barung masing-masing 8 siaga.

Peserta LKS yang telah melaksanakan kegiatan dengan baik dan memenuhi syarat akan mendapatkan penghargaan berupa Piagam dan Tanda Ikut Serta Kegiatan (Tiska). Dan bagi peserta tergiat 1, berhak mewakili Kwartir Cabang Brebes dalam lomba serupa ditingkat Binaan Wilayah yang akan digelar di Bumi Perkemahan Suniarsih Kabupaten Tegal.

Setelah melalui penjurian yang sangat ketat, akhirnya Kwarran Losari tampil sebagai Peserta Tergiat Umum. Kwarran Losari berhasil menyabet 1 emas dan 1 perak dari LKS tersebut. 

Ketua Kwarran Losari Munaji mengaku gembira dengan prestasi yang telah ditorehkan kontingennya. 

Menurutnya, prestasi tersebut memang sudah diintip sejak awal karena para siaga sudah berlatih sejak lama. Kontingennya berpegang teguh, datang untuk menang.

“Meskipun puasa, anak-anak gigih berlatih dan hasilnya Alhamdulillah memuaskan,” ungkap Munaji.

Dalam kesempatan tersebut Kwarcab Brebes juga memberikan apresiasi kepada Kwartir Ranting yang telah melaksanakan Karya Bakti Pramuka Lebaran (KBL) 1443 Hijriyah. Ketua Kwarcab meneruskan amanat dari Kwarnas berupa pembagian masker dan handsanitiser untuk dibagikan kepada para peserta KBL 2022. 

Adapun dari hasil kejuaraan LKS selengkapnya,  Untuk putra, tergiat 1 dari Gudep MI ASAM Kubangbungur (Losari), tergiat 2 gudep SD Rajawetan 1 Tonjong, dan tergiat 3 gudep MIN 02 Brebes di Wanasari. Untuk tergiat harapan 1-3 secara berurut gudep MIN 03 Brebes di Bantarkawung, gudep SDN Cikuya 01 Banjarharjo, gudep SDN Pamulihan 02 Larangan.
Sedangkan untuk Siaga Putri, tergiat 1 gudep SDN Wlahar 01 Larangan, tergiat 2 gudep SDN Brebes 03 dan tergiat 3 gudep SDN Kedungneng 02 Losari.  Sedangkan untuk tergiat harapan secara berurut, gudep gudep SDN Jatisawit 02 Bumiayu, gudep SDN Kutamendala 01 Tonjong dan gudep SDN Kertabesuki 02 Wanasari - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kwarran Losari Tampil Sebagai Peserta Tergiat Umum Dalam Lomba LKS Tingkat Kabupaten Brebes

Terkini Lainnya

Iklan