iklan

Iklan

iklan

terkini

Acara Pencanangan Kampung Pancasila Di Desa Banjardawa Pamerkan Potensi Lokal

12/05/2022, 15:50 WIB Last Updated 2022-05-12T11:33:26Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Desa Banjardawa Kecamatan Taman dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Pencanangan dilakukan Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo ditandai dengan pemukulan kentongan bertempat di aula balai desa, Kamis (12 Mei 2022).

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0711/Pemalang Letnan Kolonel Inf Roihan Hidayatullah dalam sambutannya mengatakan Pencanangan Kampung Pancasila sebagai wujud toleransi yang ada di wilayah Kodim 0711/Pemalang atas keberagaman agama yang ada. Namun semua bisa hidup secara berdampingan dengan rukun dan begitu indah.

"Desa Banjardawa kita canangkan sebagai Kampung Pancasila dan akan diikuti desa di kecamatan lain di wilayah Kodim 0711/Pemalang," tandasnya.

Menurut Roihan, Kampung Pancasila merupakan miniatur bangsa Indonesia menjadi contoh bagi daerah lain. Pihaknya berharap semoga Desa Banjardawa semakin maju dan semakin makmur dengan masyarakat yang penuh perbedaan, tetapi satu sama lain selalu menjaga kerukunan umat.

Sementara itu Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo atas nama pribadi dan pemerintah daerah memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Dandim 0711/Pemalang dan seluruh jajarannya serta Forkompimcam Taman dan Kepala Desa Banjardawa yang telah melaksanakan kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila pada hari ini.

"Apresiasi luar biasa kita lihat, disini banyak hal yang berbeda dan banyak hal yang sangat luar biasa. Ini diantaranya melibatkan seluruh unsur masyarakat, terutama generasi dini. Artinya tadi anak-anak yang masih TK (Taman Kanak-kanak) juga ikut berpartisipasi. Ini luar biasa," ujarnya.

Menurut Bupati Mukti Agung Wibowo, keterlibatan generasi penerus mulai dari anak TK, SD, SMP, SMA dan SMK, dalam kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila ini sangat luar biasa karena akan menanamkan Pancasila di dalam diri mereka. Dengan tertanamnya Pancasila di dalam jiwa para generasi penerus bangsa ini, dirinya yakin tidak hanya Pemalang saja, tetapi juga Indonesia kedepan akan aman, damai dan makmur.

Dalam kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila di Desa Banjardawa ini juga dipamerkan potensi-potensi yang ada di desa tersebut. Bupati mengakui ada kebanggaan yang luar biasa dengan potensi-potensi yang ada di Desa Banjardawa.

"Harapan kami tidak hanya di Desa Banjardawa saja atau di Kecamatan Taman saja, tetapi diseluruh wilayah Kabupaten Pemalang. Harapan kami juga menunjukan eksistensi potensi yang ada di daerah masing-masing," pintanya.


Ditemui seusai pelaksanaan kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila, Kepala Desa Banjardawa, Sukandar mengaku bersyukur Desa Banjardawa dipercaya menjadi perwakilan desa yang ada di Kecamatan Taman untuk Pencanangan Kampung Pancasila. Untuk persiapannya sendiri, kata Sukandar, sudah dilakukan lebih dari satu bulan sebelumnya. 

"Dalam kegiatan ini kami melibatkan BUMDes Pusaka Jaya yang menyiapkan produk-produk unggulan desa. Kemudian kami bekerjasama juga dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam rangka donor darah. Ini juga termasuk dalam pengamalan sila kedua," terangnya.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan pihak SMK Satyapraja 2 Petarukan kaitannya dengan layanan servis murah meriah. Termasuk melibatkan pelaku kesenian dari warga Desa Banjardawa itu sendiri untuk memeriahkan kegiatan Pencanangan Kampung Pancasila tersebut.

Penulis : Yanto
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Acara Pencanangan Kampung Pancasila Di Desa Banjardawa Pamerkan Potensi Lokal

Terkini Lainnya

Iklan