iklan

Iklan

iklan

terkini

Desa Mojo Ulujami Dirilis Sebagai Kampung Kepiting, Berikut Alasanya

14/05/2022, 10:13 WIB Last Updated 2022-05-14T03:13:29Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Desa Mojo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang,  belum lama ini dirilis sebagai kampung kepiting oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan via Badan Karantina ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM)

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang Muntohir mengatakan, salah satu wilayah di pantai utara Kabupaten Pemalang yang memiliki komoditas unggulan kepiting yaitu di Desa Mojo.

"Dipilihnya Desa Mojo sebagai kampung kepiting karena Desa Mojo sudah ada embrionya, dan juga didukung potensi perairan dan hutan mangrove yang sudah terbentuk," kata Muntohir di ruang kerjanya, Kamis (12-5-2022).

Menurut Muntohir, modal dan bibit semuanya dari Balai Besar Budidaya Air Payau (BBBAP). Karena program kampung kepiting merupakan program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dilaksanakan oleh Balai Besar Budidaya Air Payau (BBBAP) Jepara yang menaungi wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Modalan dan bibitnya dari sana semua. Dan disalurkan kepada pak Carubi selaku ketua kelompok kepiting," tukasnya.

Dari pembibitan hingga panen lanjut Muntohir, memerlukan waktu 3-4 bulan. Karena program ini fokus pada pembesaran. "Dan untuk penjualan diserahkan kepada ketua kelompok. Bebas mau dijual dimana saja," lanjutnya.

Muntohir berharap dengan program kampung kepiting yang diberikan kepada kelompok tani, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan hasil potensi di Kabupaten Pemalang.

"Saya harap program ini bisa mensejahterakan masyarakat dan menopang wisata hutan mangrove di Desa Mojo," harapnya.

Penulis: Sasongko
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Mojo Ulujami Dirilis Sebagai Kampung Kepiting, Berikut Alasanya

Terkini Lainnya

Iklan