iklan

Iklan

iklan

terkini

43 Desa di Brebes Siap Gelar Pilkades, 7 Diantaranya Diduga Rawan Konflik

13/05/2022, 18:27 WIB Last Updated 2022-05-13T11:27:50Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Sekitar 7 (tujuh) dari 43 desa yang diduga rawan konflik dalam gelaran Pilkades serentak tahap 3 tahun 2022 di Kabupaten Brebes yang dinilai paling rentan terjadi gesekan masa.

Hal tersebut disampaikan 
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Kesbangpol) Kabupaten Brebes M. Sodiq saat 
kegiatan rapat persiapan Pilkades serentak di aula kantor Badan Kesbangpol setempat, Kamis (12/5/2022) kemarin.

Sodik merinci desa yang diduga terjadinya gesekan diantaranya Desa Lembarawa, Kecamatan Brebes, Desa Losari Lor Kecamatan Losari, Desa Slatri dan Rengaspendawa di Kecamatan Larangan, Desa Cikeusal Kidul, Kecamatan Ketanggungan, Desa Adisana Kecamatan Bumiayu, dan Desa Pengarasan Kecamatan Bantarkawung.

“ Upaya meminimalisir terjadinya gesekan dan rawan konflik, semua masyarakat diminta untuk lebih mengutamakan kerukunan dan paseduluran agar bisa aman dan kondusif ,” katanya.

Dikatakan  Sodiq hal itu atas hasil dari pemetaan titik rawan gesekan horisontal antara lain kedekatan antar calon Kades, fanatisme antar pendukung hingga semua potensi  pelanggaran dalam berkampanye. Sehingga, semua calon Kades dan tim pendukungnya harus menerapkan dan lebih mengutamakan kampanye dialogis.

Selain melakukan pemetaan, kata Sodiq,  pihaknya akan tetap melakukan pengawasan guna memantau perkembangan di lapangan.

Sodiq menambahkan, dirinya berharap adanya dukungan dan  peran aktif semua stakeholder terkait. Khususnya, Forkompimcam dan panitia tingkat desa sebagai penentu kesuksesan Pilkades, pasalnya semua potensi gesekan konflik Pilkades  ini bisa lebih diminimalisir dengan pendekatan sosiologis.

“Dalam monitoring di lapangan, komunikasi dengan pengamanan terus dilakukan. Yakni, melibatkan TNI-Polri, dan Satpol PP sebagai unsur keamanan ,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Brebes Subagyo menjelaskan, sesuai tahapan Pilkades serentak sudah memasuki persiapan akhir mulai Minggu-Senin15-16 Mei, pelaksanaan masa kampanye dan hari Selasa (17/5) memasuki hari tenang.

"Pelaksanaan pemungutan suara Pilkades Serentak di 43 desa digelar  Rabu (18/5/2022) mendatang dengan harapan Pilkades Serentak 2022 dapat berjalan lancar, aman, dan  damai   Calon dan pendukung sama sama  siap menang dan siap kalah,” bebernya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 43 Desa di Brebes Siap Gelar Pilkades, 7 Diantaranya Diduga Rawan Konflik

Terkini Lainnya

Iklan