iklan

Iklan

iklan

terkini

13 Personil TRC BPBD Kab. Brebes Ikuti Pelatihan dan Pembaretan

29/05/2022, 08:38 WIB Last Updated 2022-05-29T01:38:17Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - 13 personil Tenaga Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes akan mengikuti pelatihan dan pembaretan selama dua hari di Kaligua, Kecamatan Sirampog, Sabtu (28/5/2022).

Mereka akan digembleng instruktur dari Kodim 0713/ Brebes. Sebelum diberangkatkan, mereka melaksanakan apel pagi di kantor BPBD dan mendapatkan pengarahan dari Kabid Bidang I Kesiapsiagaan dan Pencegahan Kebencanaan Jubaidi.

Dalam arahannya Jubaidi menekankan agar personil TRC selalu mentaati  peraturan dan patuh  pada instruktur serta menyikapi materi yang diberikan para pelatih. 

Setelah itu mereka  langsung diberangkatkan menuju Desa Padanama, Kec.Sirampog. Di tempat pelatihan mereka  diberi bekal  dan materi serta apel siang yang dipimpin Pelda Abdul Kholik dari kodim 0713 Brebes dibantu dua pelatih anggota TNI.

Penggemblengan diawali  jalan kaki sejauh 25 km, adapun  rutenya dari Madrasah Al Hidayah Dukuh Padanama, Kec. Sirampog menuju Curug Putri kurang lebih 5 km, rute selanjutnya ke Desa Kaligiri menuju Dukuh Graul Buru, dilanjut Dukuh Krajan ke Dukuh Lagaran sampai finish di bukit Situ Desa Kaligiri.

Sesampainya di bukit Situ mereka istirahat sebentar dilanjutkan  penyampaian  materi pembaretan, pengenalan navigasi darat, antara lain orientasi peta atau menentukan arah sebenarnya dan pengenalan kompas prisma atau kompas bidik baik kompas malam atau siang selanjutnya pengenalan  medan atau orientasi medan.

Selanjutnya para TRC masuk ke Kaligua  sekitar jam 20:30 WIB malam, langsung melaksanakan apel malam dan upacara Pembaretan TRC oleh Kalaksa BPBD Kab. Nushy Mansur.

Dalam sambutannya ia mengatakan, personil TRC mempunyai tanggung jawab besar karena di pundak mereka mempunyai jiwa kemanusiaan yang mumpuni, membentuk karakter  jiwa korsa senasib dan sepenanggungan, semangat untuk mampu menangani segala bencana yang berbudi luhur dan ikhlas.

Pada Hari ke 2, Minggu (29/05/2022) akan dilanjutkan materi kepemimpinan dan PBB oleh anggota Kodim 0713 Brebes.(Bero/Bambang Sugiarto)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 13 Personil TRC BPBD Kab. Brebes Ikuti Pelatihan dan Pembaretan

Terkini Lainnya

Iklan