Scroll ke Atas
Berita Utama

Tahapan Pilkades Serentak Tahap III 2022 Kabupaten Brebes Dimulai Test Seleksi Bagi Bakal Calonnya Lebih Dari 5 Orang

34
×

Tahapan Pilkades Serentak Tahap III 2022 Kabupaten Brebes Dimulai Test Seleksi Bagi Bakal Calonnya Lebih Dari 5 Orang

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES – Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades ) serentak gelombang tiga 2022 di Kabupaten Brebes dimulai.  
Sekitar  25 orang hari ini  melakukan seleksi tes tertulis bakal calon kepala desa yang dilakukan oleh tim independen dari Fakultas Hukum Universitas Pancasakti Tegal. Kegiatan tes tertulis dilaksanakan di ruang MKU Fakultas, Selasa (26/4/22). 
Dekan Fakultas Hukum UPS Dr. Achmad Irwan Hamzani SH.,MAg melalui Siswanto, SH.,MH mengatakan, untuk kegiatan hari ini merupakan Tes tertulis dengan jumlah soal 100 soal dengan waktu dua jam materi yang diuji meliputi pengetahuan umum SMP, undang undang 23/14, undang undang desa dengan PP nya.
Sementara untuk penilaian, pihak tim independent ini akan mengoreksi dikolaborasi dengan tim penilai panitidi dea.
Lanjut Siswanto pihaknya berharap kegiatan seleksi bakal calon Kepala Desa berjalan lancar dan transparan. Hasil pengumuman tes tertulis ini akan langsung keluar dan diserahkan kepada Dispermades kemudian segera nanti akan diteruskan ke panitia pilkades ditingkat desa masing masing. 
“Nantinya hasil tes ini menjadi dasar penetapan  Calon Kepala Desa oleh Panitia Pilkades,” tuturnya.
Sementara Kepala Dispermades Kab Brebes Subagyo, SH.,SIP mengatakan, hari ini adalah salah satu tahapan Pilkades serentak gelombang ketiga Kabupaten  Brebes, yaitu tes seleksi bagi bakal calon kepala desa yang jumlahnya melebihi dari 5 calon. 
” Hari ini 25 orang ikut seleksi tes tertulis. Dari 4 Desa diantarN
ny  Desa Bantarwaru kecamatan  Bantarkawung 6 orang, Desa Janegara kec Jatibarang 6 orang, Desa Linggapura kec Tonjong 6 orang dan Desa Slatri kec Larangan 7 orang, ” katanya.
Dikatalan Subagyo setelah tahapan ini, maka besok akan dilanjut dengan tahapan penetapan bakal calon menjadi calon kepala desa sekaligus pengundian nomor urut. Selanjutnya nanti pelaksanaan pemungutannya tanggal 18 Mei 2022 mendatang.
Tampak salah satu bakal calon kepala desa Linggapura yang mengikuti tes yakni Romdon mengaku bisa menyelesaikan dalam waktu 1,5 jam. Didesanya ada 6 bakal calon kepala desa yang ikut Pilkades dan seleksi pada hari ini  (imam). 

Baca Juga :  Sekdes Kretek Paguyangan Tekuni Cabor Menembak