Scroll ke Atas
Berita Utama

Membahayakan Pengguna Jalan Babinsa Angkat Endapan Lumpur di Saluran Air

28
×

Membahayakan Pengguna Jalan Babinsa Angkat Endapan Lumpur di Saluran Air

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BOYOLALI Dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir di musim penghujan maupun luapan material lumpur yang membahayakan pengguna jalan, masyarakat bersama Babinsa Genting Koramil 06/Cepogo  Kodim 0724/ Boyolali Sertu Slamet Riyadi melakukan gotong royong membersihkan selokan air di Desa Genting Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Rabu (20/04/2022) . 
Sertu Slamet Riyadi bersama warga setempat bahu membahu membersihkan saluran air, tumpukan sampah hingga lumpur yang berada didalam selokan dibersihkan dengan mengunakan cangkul dan alat seadanya guna mengantisipasi tersumbatnya selokan air karena sampah maupun lumpur.
Sertu Slamet mengatakan bahwa selain saluran air, sejumlah titik yang menjadi perhatian di antaranya memotong dahan yang kiranya membahayakan, membersihkan sampah dan rumput liar di sepanjang saluran air. 
“Karya bakti kali ini dilakukan karena sudah banyak terlihat tumpukan tanah dan sisa-sisa material di selokan, dikhawatirkan akan terjadi penyumbatan pada selokan yang bisa menyebabkan banjir maupun luapan lumpur ke badan jalan. Apalagi saat ini intensitas terjadinya hujan yang disertai angin sangat tinggi, ” ujar Babinsa.
Sesuai Perintah Dandim 0724/ Boyolali Letkol Arm Ronald F Siwabessy, M.A.  agar Babinsa selalu membantu kesulitan rakyat, seperti saat saat ini yang kita lakukan, merupakan wujud kepedulian Babinsa kepada warga binaan dalam mengatasi kesulitan di tengah-tengah masyarakat, tujuannya untuk meringankan beban masyarakat dan sekaligus untuk membangun keakraban dan kekeluargaan, harapannya keberadaan Babinsa di tengah masyarakat dapat diterima dan berdampak positif bagi masyarakat. 
Babinsa Genting juga memberi himbauan agar para warga setempat, waspada dengan perubahan cuaca yang bisa berubah setiap saat, kurangi bepergian yang kurang penting saat cuaca hujan dan jangan lupa tetap jaga kebersihan serta jangan membuang sampah sembarangan yang bisa mengakibatkan selokan tersumbat dan dapat menyebabkan banjir. 
“Dengan adanya kerjabakti ini saya harapkan, kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan saluran air dan lingkungan akan meningkat, sayangi diri dan keluarga kita, “ pungkas Babinsa.(*)

Baca Juga :  Dandim 0726 Sukoharjo Secara Resmi Tutup TMMD Sengkuyung Tahap Dua Tahun 2023