Iklan

terkini

Kasat Reskrim Polres Brebes Berikan Tips dan Imbauan Pada Masyarakat Agar Terhindar Dari Tindak Kejahatan Menjelang Hari Raya Idu Fitri

23/04/2022, 16:46 WIB Last Updated 2022-04-23T09:46:33Z
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES  – Kasat Reskrim Polres Brebes AKP. Syuaib Abdullah menghimbau kepada masyarakat melalui media sosial karena maraknya pelaku Aksi kejahatan dan kriminalitas yang diperkirakan akan meningkat menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri. Terutama aksi kejahatan jambret dan copet.

Dengan sasaran pelaku kejahatan tersebut, Kepada Nasabah Bank yang baru saja mengambil uang di bank atau ATM. Modus operandinya ada beberapa beragam, ada yang merampas paksa, membobol kendaraan saat pemilik pergi, atau menghipnotis korban.

Syuaib Abdullah mengatakan, masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan, terutama menjelang perayaan hari-hari besar, seperti Idul Fitri.

“Seperti saat mengambil uang via ATM sebisa mungkin ada yang mendampingi atau menemani. Hindari mengambil uang dalam jumlah banyak sendirian,” kata Syiaib di ruang kerjanya, Sabtu (23/4/2022).

Dikatakan Syuaib  hindari kebiasaan dengan tidak menaruh uang di dalam jok sepeda motor. Lalu jika mobil di parkir saat akan ditinggal pergi usahakan dengan memakai kunci ganda dan di parkirkan di tempat yang aman, minimal ada petugas security maupun petugas yang lainnya.

Karena pelaku kejahatan bisa dengan sangat mudah untuk membobol jok ataupun memecahkan kaca mobil.

“Jangan tinggalkan barang berharga di mobil atau jok motor. Karena bisa jadi pelaku sudah membuntuti. Lalu saat korban lengah, pelaku mengambilnya,” ujarnya.

Lanjut Syuaib untuk membela diri masyarakat bisa membawa semprotan cabai. Tujuannya untuk melindungi diri jika tiba-tiba ada copet ataupun kejahatan lain seperti begal. Ia pun mengimbau, masyarakat untuk menghindari tempat-tempat rawan pelaku tindak kejahatan.

“Masyarakat bisa melengkapi diri dengan semprotan cabai. Jadi jika tiba-tiba ada kejadian tertentu, bisa untuk membela diri. Lalu ingat, utamakan keselamatan diri dan selalu jaga barang berharga benda-benda pribadi,” pesannya.- (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kasat Reskrim Polres Brebes Berikan Tips dan Imbauan Pada Masyarakat Agar Terhindar Dari Tindak Kejahatan Menjelang Hari Raya Idu Fitri

Terkini Lainnya

Iklan