iklan

Iklan

iklan

terkini

Ini Perbedaan Skin dan Case untuk Hp

20/04/2022, 12:20 WIB Last Updated 2022-04-20T05:38:43Z


Ada beberapa beda skin dan case yang menjadikan pelindung ponsel ini memiliki tampilan yang khas. Persamaan keduanya adalah sebagai casing penutup smartphone sehingga bodi ponsel tidak langsung tergores atau terantuk ketika sedang digunakan. Untuk melindungi ponsel, Anda bisa pilih antara phone skin atau phone case. 


Perbedaan Skin dan Case Hp yang Wajib Diketahui


Penutup ponsel adalah aksesoris yang kerap orang langsung beli setelah memiliki ponsel. Hal ini dilakukan untuk melindungi bagian eksternal dan juga internal smartphone. Berikut adalah beberapa perbedaan yang mendasar antara skin dan case dan perlu dipertimbangkan sebelum membeli. 


1. Bahan 


Perbedaan yang mudah dikenali antara kedua jenis casing ini adalah bahannya. Skin lebih lembut, sedangkan case lebih keras. Material yang kerap dipakai untuk bahan skin adalah termoplastik poliuretan (TPU) yang merupakan kombinasi antara plastik, silikon dan karet. 


Kalau case mengandalkan material pembuatan yang lebih keras. Beberapa pemilihan umum adalah polycarbonate dan acrylonitrile butadiene styrene (ABS) yang ditemukan pada casing HP atau keycap keyboard. Keduanya memberikan perlindungan yang dibutuhkan smartphone selama dipakai. 


Kalau Anda ingin lapisan pelindung yang handal krn lebih berat dan menutup lebih banyak area, maka case adalah pilihannya. Kalau lebih memilih penutup yang lebih ke cenderung gaya, makan skin adalah pilihan yang lebih pas. Bahannya hampir tidak bagian pinggir ponsel jadi perlindungan yang diberikan juga tidak sebesar case. 


2. Tampilan Ponsel


Beda skin dan case HP yang paling menonjol adalah tampilan yang diberikan pada smartphone Anda. Baik skin atau case memberikan tampilan berbeda dari ponsel yang tidak  memakai penutup apapun. Keduanya memiliki pilihan polos maupun bermotif. 


Apapun motif yang dipilih, setelah dikenakan akan semakin terlihat berkesan. Ponsel case lebih kaku dan Ponsel skin lebih fleksibel. Kalau phon case bisa cocok untuk kebutuhan santai maupun resmi sedangkan skin lebih cenderung untuk remaja atau anak-anak yang ingin menunjukkan sisi artistiknya. 


3. Tipis dan Tebalnya 


Skin lebih tipis dibandingkan case. Hal ini berarti case jadi lebih tebal dan menambah ukuran ponsel khususnya kalau case berbahan yang tebal. Kalau skin menempel langsung dengan perlukaan ponsel, jadi keberadaannya hanya tipis saja pada smartphone Anda.


Untuk case sedikit berbeda, ada softcase dan ada juga hardcase untuk menunjukkan walau lebih tebal. Cara pemasangan juga beda, skin ditempelkan kalau case hanya dimasukkan pada ponsel. Tapi hasil akhirnya case membuat ponsel Anda lebih tebal, sedangkan skin, tidak. 


4. Kebiasaan Gonta-ganti Skin  atau Case


Kalau Anda termasuk orang yang bosenan, maka memiliki beberapa case atau skin ponsel adalah hal yang bisa ditiru. Case lebih mudah dipakai dan juga dilepas. Sedangkan skin bisa direkatkan tapi melepasnya tentu lebih sulit. 


Hal ini menandakan kalau membeli smartphon case jadi lebih mudah untuk diganti kalau menginginkannya. Skin bisa menutupi bagian yang tergores atau kerusakan lainnya pada bodynya. Tapi kalau ingin mengganti berarti harus mengangkat lem perekatnya yang tentu lebih sulit daripada yang Anda bayangkan. 


5. Personalisasi 


Perbedaan skin dan case pada ponsel lainnya adalah untuk memenuhi kebutuhan yang lebih personal. Anda dapat  mencetak foto Anda atau gambar apapun yang Anda inginkan dan merekatkannya sebagai ponsel skin. Kalau case lebih sulit karena materialnya yang lebih kaku. 


Anda bisa membuat beberapa skin dengan kembaran baik dengan kelompok atau seseorang yang istimewa. Hal ini yang ,menyebabkan pemakaian skin tetap relevan sampai sekarang. Oleh karena itu, temukan pelapis ponsel sesuai dengan keinginan. 


6. Segi Ketahanan 


Kalau melihat dari sudut pandang keamanan. Case memberikan perlindungan yang tahan lama dan awet. Material yang dipakai dapat menyerap naiknya suhu sehingga ponsel Anda tidak akan kepanasan. Hal ini lebih terasa setelah bermain game berjam-jam yang membuat bodynya jadi lebih panas. 


Berbeda dengan skin yang tipis dan tidak banyak memberikan dampak, selain dari mempercantik ponsel Anda. Skin tidak bisa menyerap dan menyalurkan panas dari skin ke ponsel. Jadi, ketahanan proteksi case lebih besar daripada skin.  


7. Pegangan 


Kalau Anda perhatikan, perlukaan smartphone terbilang licin karena dibuat dengan material yang memang memiliki efek tersebut. Jadi, memakai case atau skin bisa memberikan pegangan tambahan agar lebih nyaman membawa-bawa ponsel dan memakainya. 


Kalau case memiliki permukaan yang berbeda-beda sesuai materialnya. Tapi karena lebih tebal, pegangan Anda tentu akan lebih optimal. Anda bisa bedakan antara skin dan case, di mana skin lebih tipis dan sebagai penunjang mungkin efeknya lebih minim dibandingkan case. 


Itulah beda skin dan case. Mulai dari pemasangan sampai produk skin atau case untuk hp, pilihlah item yang paling Anda inginkan. Skin hp adakah proteksi ponsel yang yang ditempel pada body hp. Sedangkan inti dari case ponsel adalah pemasangannya yang masih menyisakan rongga antara body dan case. 


Anda dapat membeli smartphone lengkap dengan skin atau case di Blibli. Salah satunya adalah Redmi 10A yang punya beragam pilihan skin atau case yang sesuai dengan jenis ponsel ini. Temukan kebutuhan gadget dan aksesorisnya hanya di Blibli. 


Marketplace populer di Indonesia ini memiliki banyak toko online yang tergabung di dalamnya yang menjual berbagai perangkat gadget dan juga aksesorisnya. Anda bisa mengunjungi banyak toko dan menjatuhkan pilihan pada item dari toko yang paling pas dengan keinginan Anda. Yuk belanja elektronik atau keperluan lainnya hanya di Blibli.*

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ini Perbedaan Skin dan Case untuk Hp

Terkini Lainnya

Iklan