Scroll ke Atas
Berita Utama

Dukuh Kalikidang Desa Pandansari Paguyangan The Next Kampung Pancasila Kabupaten Brebes

84
×

Dukuh Kalikidang Desa Pandansari Paguyangan The Next Kampung Pancasila Kabupaten Brebes

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES –  Warga masyarakat desa pariwisata, Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes bersiap menyambut baik pencanangan salah satu dusun di desanya (Dukuh Kalikidang) uang menjadi Kampung Pancasila, menyusul Desa Sisalam Kecamatan Wanasari yang telah menjadi Kampung Pancasila pertama di Brebes pada awal April 2022 lalu.
Babinsa setempat dari Koramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes, Sertu Sugeng Widodo, mengatakan tujuan pembentukan Kampung Pancasila itu sendiri adalah untuk mengembalikan marwah kehidupan masyarakat untuk saling bergotong-royong, saling menjaga, saling membantu, dan tenggang rasa dan hormat menghormati antar umat beragama sesuai dengan Pancasila dengan falsafah Bhineka Tunggal Ika.
“Pancasila adalah ideologi negara kita yang tak tergantikan. Dengan mengamalkan Pancasila di segala sendi kehidupan bangsa maka dapat tercipta kehidupan yang damai dan harmonis,” terangnya selepas pemberian materi wawasan kebangsaan kepada Ibu-ibu PKK, bidan desa, dan anggota LPM di Aula Balai Desa Pandansari, Selasa (26/4/2022).
Dikatakan  Sugeng, pembentukan Kampung Pancasila di Dusun Kalikidang juga bertujuan untuk menangkal pertumbuhan ajaran-ajaran radikalisme yang dapat memicu intoleransi antar umat beragama di Desa Pandansari.
“Dewasa ini ajaran radikalisme sudah mulai berkembang di pelosok desa. Maka dari itu, kami mohon bantuan semua pihak agar program Kampung Pancasila ini dapat terealisasi untuk menangkal ancaman radikalisme yang ingin merusak nilai–nilai Pancasila sedini mungkin,” ujarnya.
Sementara Dusun yang hanya mempunyai 1 RW dengan 11 RT terletak di sebelah atas Obyek Wisata Telaga Ranjeng ini, sangat pantas dijadikan the next Kampung Pancasila di Brebes karena memiliki karakteristik masyarakat yang baik itu.
Sementara  Kepada Desa Pandansari Irwan Susanto ST, menyatakan terima kasih atas penunjukan desanya menjadi Kampung Pancasila.
Menurutnya, dengan tambahan status baru desa, maka nanti diharapkan warganya akan lebih sadar dan lebih mudah lagi jika digerakkan untuk kegiatan yang bersifat kegotongroyongan, seperti ronda malam untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan radikalisme.- tuturnya – (imam)

Baca Juga :  Perindo Jadi Satu-satunya Parpol yang Ajukan Bacaleg Penyandang Disabilitas