Iklan

terkini

Bupati Pemalang Canangkan Desa Rowosari Sebagai Kampung Pancasila

23/04/2022, 21:55 WIB Last Updated 2022-04-23T15:00:50Z
EMSATUNEWS.CO.ID, PEMALANG - Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo bersama Komandan Kodim 0711/Pemalang, Letkol (Inf) Roihan Hidayatullah mencanangkan Kampung Pancasila di Klenteng Tjeng Gie Bio, Desa Rowosari Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang pada Sabtu (23 April 2022).

Bupati Mukti Agung Wibowo dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dandim 0711/Pemalang beserta segenap anggotanya yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan pencanangan Kampung Pancasila.

"Pencanangan Kampung Pancasila ini merupakan wujud nyata sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan Kodim 0711/Pemalang dalam rangka pengarusutamaan Pancasila dibidang kehidupan bermasyarakat," ujar bupati.

Bupati berharap, dengan dicanangkannya Kampung Pancasila tersebut, khususnya kepada warga Desa Rowosari dan masyarakat Kabupaten Pemalang pada umumnya, bisa saling memahami dan menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

"Yang utama yaitu sikap saling menghargai, saling menghormati, serta menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dalam hidup bermasyarakat," harapnya.

Disampaikan, dengan semakin meningkatnya pemahaman maupun kesadaran masyarakat dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila, maka dapat terwujud karakter yang agamis.

"Gotong royong, saling menghormati perbedaan, yang akan memperkuat persaudaraan kita dan tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang menyebabkan timbulnya konflik maupun perpecahan," tukasnya.

Sementara Letkol Inf Roihan Hidayatullah mengatakan pencanangan Kampung Pancasila ini sebagai wujud toleransi yang ada di wilayah Kodim 0711/Pemalang atas keragaman agama yang ada. Namun, semua bisa hidup berdampingan dengan baik.

Dikatakannya, di wilayah Kodim 0711/Pemalang sebagian besar sudah dicanangkan sebagai Kampung Pancasila dan tinggal beberapa tempat yang belum. Menurutnya pencanangan Kampung Pancasila juga akan dilakukan di desa lain dalam waktu dekat.

"Sudah banyak yang kita canangkan sebagai Kampung Pancasila, tinggal beberapa desa saja yang belum. Kemungkinan dalam waktu dekat kita akan canangkan," pungkasnya.

Penulis : Sasongko 
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Pemalang Canangkan Desa Rowosari Sebagai Kampung Pancasila

Terkini Lainnya

Iklan