iklan

Iklan

iklan

terkini

Bupati Brebes Ajak Kader Posyandu Agar Kawal Terus Bumil Guna Tekan Kasus AKI/AKB dan Stanting

18/04/2022, 21:47 WIB Last Updated 2022-04-18T14:52:03Z


EMSATUNEWS.CO.ID, BREBES - Upaya menekan kasus Angka kematian ibu dan bayi (AKI/ AKB) di kabupaten Brebes  para kader Posyandu agar bisa benar-benar mengawal dan mendampingi para ibu hamil sehingga ibunya selamat bayinya sehat.

Hal ini arahan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti saat acara temu kader di kecamatan Tonjong yang digelar di Aula GOR Desa Tanggeran, Senin (18/4/2022) siang.

Bupati dan rombongan yang sebelumnya menghadiri kegiatan yang sama di Kecamatan Sirampog

Idza mengatakan saat ini kasus AKI/AKB dibulan keempat sudah mencapai 14 kasus, sehingga perlu ada penanganan serius para kader Posyandu pasalnya Kader ini merupakan garda terdepan yang langsung berada di tengah-tengah masyarakat.



"Kami berharap dan  benar-benar meminta  para kader Posyandu untuk dapat memantau dan mengawal ibu hamil," pintanya.

Dikatakan Idza pendampingan pada ibu hamil sangat perlu dibutuhkan guna dapat memastikan kondisinya fan selain itu terkait asupan gizi baik saat hamil maupun setelah melahirkan bayinya yanh harus diperhatikan secara serius

"Asupan gizi yang baik itu sangat penting karena untuk menghindari terjadinya stanting maupun gizi buruk," ujar Idza.

Lanjut Idza  para kader posyandu juga bisa memastikan keselamatan ibu saat melahirkan, dua atau tiga hari melahirkan sudah dibawa ke Rumah sakit karenanya  fasilitas yang dibutuhkan harus dipersiapkan termasuk adanya komunikasi dengan Rumah Sakit rujukan tuturnya

Tambah Idza  dalam kesempatan dalam.menghadapi arus mudik lebaran Pemkab Brebes, sudah siap menerima kedatangan pemudik dari luar daerah meski saat ini masih dibayangi pandemi  Covid-19. 

Sekarang mudik Lebaran tidak ada lagi larangan, dan tidak ada larangan ini bukan hanya di Brebes bahkan berlaku secara Nasional, sehingga  kepada seluruh masyarakat Brebes untuk segera melengkapi vaksinnya sampai dosis tiga atau booster guna menjaga kekebalan imun  tubuhnya, maka 
diminta semuanya agar segera melengkapi dengan vaksinasi lanjutan maupun lengkap  sampai dosis ketiga/ booster, tutur Idza. 

Menurut Idza sampai saat ini capaian vaksinasi di kabupaten Brebes tercatat dosis pertama 84 persen, dosis kedua 70 persen dan dosis ketiga baru 8 persen. Sehingga di bulan Ramadhan ini pelayanan vaksinasi harus terus digencarkan. 

Selain vaksinasi juga, masyarakat diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Sementara acara temu kader dan dukun tersebut yang diakhiri dengan kegiatan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Bupati berupa bantuan transport bagi  para kader Posyandu dan dukun bayi yang disaksikan dan dihadiri Kepala Dinkes Brebes, jajaran Puskesmas Kutamendala, Puskesmas Tonjong, Forkopimcam, Kepala desa se kecamatan Tonjong, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan pejabat lainnya - (imam)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Brebes Ajak Kader Posyandu Agar Kawal Terus Bumil Guna Tekan Kasus AKI/AKB dan Stanting

Terkini Lainnya

Iklan