Scroll ke Atas
Berita Utama

Bantu Kesiapan Perjalanan Mudik, Jasa Marga Kembangkan Tujuh Fitur Utama dan User Interface Aplikasi Travoy

32
×

Bantu Kesiapan Perjalanan Mudik, Jasa Marga Kembangkan Tujuh Fitur Utama dan User Interface Aplikasi Travoy

Sebarkan artikel ini
EMSATUNEWS.CO.ID, JAKARTA –  PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengembangkan tujuh fitur utama sekaligus pembaruan _user interface_ dalam aplikasi Travoy guna membantu pengguna jalan dalam menyiapkan perjalanan mudik agar lebih aman dan nyamannyaman, Rabu (27/4/2022).
Tahun ini di tengah euforia masyarakat untuk kembali ke kampung halaman, Jasa Marga melakukan survey kepada sejumlah pengguna aplikasi dan pengguna jalan untuk menjawab kebutuhan perjalanan, terutama dalam melengkapi aplikasi navigasi yang kerap digunakan oleh masyarakat.
Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan, Aplikasi Travoy dirancang sebagai asisten digital perjalanan dengan sejumlah fitur unggulan dari Jasa Marga Tollroad Command Center yang diintegrasikan di dalam aplikasi dan dapat diakses oleh masyarakat.
“Setelah melakukan survey kepada _user_ dan pengguna jalan, kebutuhan yang mendominasi adalah informasi mengenai kondisi lalu lintas, layanan customer care serta alternatif rute perjalanan. Kebutuhan ini telah kami kembangkan dalam tujuh fitur utama di aplikasi Travoy versi 4.0, yang kami targetkan dapat melengkapi aplikasi navigasi seperti Google Maps dan Waze,” ujar Heru.
Tujuh fitur tersebut merupakan 4 fitur baru dan 3 fitur yang telah ada di versi sebelumnya serta ditingkatkan efektivitasnya, di antaranya:
1. Cek Saldo. Mengecek saldo e-Toll dalam ‘sekali tap’, yang saat ini dapat digunakan oleh pengguna e-Toll Brizzi, e-Money dan Tapcash.
2. Struk Digital. Melihat riwayat transaksi tol dan mencetaknya dalam bentuk digital serta dapat berlaku sebagaimana struk yang ada di gerbang tol.
3. CCTV Real Time. Mengetahui kondisi lalu lintas secara live dan real time dari 1.913 CCTV yang tersebar di seluruh ruas jalan tol milik Jasa Marga Group.
4. Rest Area. Menyediakan informasi seputar rest area mulai dari lokasi, fasilitas,  tenant, hingga kapasitas parkir.
5. Tarif Tol. Membantu para pengendara untuk mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan dengan menyediakan informasi seputar tarif tol berdasarkan golongan kendaraan.
6. Informasi Lalu Lintas Terkini. Menghadirkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, termasuk pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti contraflow, ganjil-genap dan one way, gangguan lalu lintas hingga pemeliharaan yang sedang dilakukan di ruas jalan tol
7. Chat Us. Menghadirkan layanan customer service yang mudah diakses melalui platform WhatsApp, siap membantu kebutuhan pengguna jalan dengan semakin cepat dan tepat.
“Kami berharap penambahan fitur-fitur baru menjawab kebutuhan pengguna jalan, terutama di saat arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Kami memahami pengguna jalan akan membutuhkan berbagai informasi lalu lintas yang bergerak sangat dinamis, untuk bisa menentukan rute perjalanan dengan baik. Berbagai informasi yang terintegrasi dalam aplikasi Travoy diperbarui secara berkala selama 24 jam sehingga pengguna jalan akan selalu update dengan kondisi terkini,” ujar Heru.
Dengan pembaruan aplikasi ini, Heru berharap para pengguna jalan tol bisa mempersiapkan perjalanan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H dengan lebih baik sehingga tidak terjadi hambatan, seperti terjebak kepadatan yang bisa diantisipasi sebelumnya, kekurangan saldo e-Toll atau kesulitan menemukan titik lokasi rest area. 
“Pembaruan ini juga diperkuat dengan dua fitur pamungkas yaitu Chat Us, yang merupakan penambahan layanan customer care kepada pengguna jalan dengan lebih mudah melalui WhatsApp serta fitur Informasi Lalu Lintas Terkini yang menyajikan jadwal pemberlakuan rekayasa lalu lintas hingga informasi gangguan lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Jasa Marga Group,” tutupnya. 
Selain penambahan fitur-fitur tersebut, aplikasi Travoy terbaru juga mengalami pengembangan dari sisi User Interface (UI). Tampilan antarmuka pengguna yang baru ini membuat aplikasi Travoy terlihat lebih minimalis dan menarik serta susunan fitur utama sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Sebelum diperbarui, aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada 2019 ini sebelumnya telah mengalami pembaruan versi sebanyak tiga kali, mulai dari Travoy 1.0 hingga versi terakhir Travoy 3.0 sebelum diluncurkannya versi 4.0 yang merupakan integrasi dari aplikasi Travoy 2.0 dengan aplikasi JMCare. Pada tiap pembaruannya, aplikasi Travoy selalu mengalami peningkatan dalam hal tampilan maupun fitur. Fitur-fitur baru senantiasa ditambahkan untuk meningkatkan kepuasan serta memudahkan para pengguna jalan saat berkendara. 
Saat ini aplikasi Travoy terbaru telah bisa diunduh di Play Store untuk sistem operasi Android dan segera bisa diunduh dalam waktu dekat di App Store untuk sistem operasi iOS.(rilis/Bs)

Baca Juga :  BLT DD 2023 di Desa Wanatirta Paguyangan Untuk Triwulan Pertama Dibagikan Ke 63 KPM